Nama RM Sambal Cibiuk dan RM Asep Strawberry yang direkomendasikan mbak Bintang Timur ketika kuminta sarannya melalui sms. Dua nama terkenal ini memang sudah kami kenal juga. Asep Strawberry cabang Nagrek pernah kami singgahi dan ingin didatangi lagi, tetapi kami belum pernah makan di RM Sambal Cibiuk. RM Sambal Cibiuk ini punya banyak outlet di Jakarta, salah satunya di daerah Cibubur – Jakarta Timur. Sayangnya pas kami berniat mau ke situ ternyata rumah makan ini sudah ditutup.

Wisata kuliner di daerah Garut rasanya tak bisa dipisahkan dari sambal Cibiuk, sambal khas dari daerah Cibiuk yang punya sejarah khusus. Jadi peninggalan sejarah tak hanya berupa bangunan tua tetapi bisa juga berupa resep masakan. Makanya malam pertama di daerah Garut kami pilih makan di Sambal Cibiuk yang saat itu sedang hajatan ulang tahun dengan menyediakan 17 jenis sambal. Rumah makan ini di jalan utama menuju kota Garut tak jauh dari tempat kami menginap di Kampung Sumber Alam di jalan raya Cipanas, hanya di ujung jalan. Menu di rumah makan ini hampir sama dengan rumah makan Sunda lainnya, yang buat beda memang sambalnya. Sambal Cibiuk itu resepnya adalah campuran dari tomat hijau, cabai rawit hijau , bawang merah, kencur, terasi dan kemangi. Terbayang kan rasa segar asam pedasnya? Pasti makan jadi tambah terus.

sambal cibiuk

Resep Sambal Cibiuk ini peninggalan dari Rd Ayu Fatimah, putri dari seorang tokoh penyebaran agama Islam di kabupaten Garut. Tokoh masyarakat ini dikenal dengan nama Mbah Wali Syekh Jafar Sidik. Beliau mendorong masyarakat untuk mandiri secara ekonomi, salah satunya dengan kulner khas ini. Informasi ini terpampang di dekat pintu masuk restoran.

Asep Strawberry jadi lokasi makan siang di perjalanan pulang. Letaknya jika dari arah Tasikmalaya hanya beberapa menit sebelum belokan ke Lingkar Nagrek. Lokasinya di pinggir jalan raya yang curam sehingga pondok-pondoknya ada di lembah, suasana lanskapnya ditata apik sehingga bisa memandang keindahan alam di sekelilingnya sembari menunggu makanan dihidangkan.

 

asep strawberry

Beberapa tahun lalu pertama kali kami mengenal hidangan Nasi Liwet adalah di sini. Nasi Liwet dihidangkan langsung dengan panci masaknya, atau kastrol kata orang Sunda. Nasi dimasak dengan santan, daun salam, sereh dan laos, rasanya jadi gurih sekali dan wangi . Lauk pendampingnya tentu saja gurame bakar , karedok dan lalapan plus sambal. Sedaap….