Pagi hari ini sebelum segala aktivitas dimulai sudah terdengar rekaman alunan degung Sunda dari rumah tetangga sebelah sana yang akan menggelar hajatan pernikahan. Sesudah degung yang mendayu dilanjut lagi dengan lagu Cinta Ketok Magic dan Borondong Garing. Ambiens Jawa Barat tetapi aku sedang memperhatikan dan membaca buku Panduan Wisata Jawa Tengah dan dua buku lainnya.

Sangat menarik promo wisata Jawa Tengah yang dilakukan pemerintah daerah, salut. Coba ya pemda wilayah lainnya ikut seperti ini.Tahun lalu beberapa orang blogger Jawa Tengah digandeng untuk buat kuis berhadiah buku panduan wisata ini. Aku ikut mengisi kuis di blog 2 teman yaitu di blog Idah Ceris dan Usemay, akhirnya aku menang di keduanya (sayangnya pengumuman di blog Usemay telat tau dan cuma sempat kirim alamat ke Idah Ceris) dan dapat kiriman buku langsung dari Dinas Pariwisata. Ini bukunya.
IMG_6056.JPG
Mupeng nggak kalau tukang jalan diperlihatkan buku seperti ini? Rasanya langsung ingin packing dan pesan tiket kereta. Yuk intip bukunya satu persatu. Ketiga buku itu adalah Panduan Wisata Jawa Tengah, Jalan2 dan Jajan di Jawa Tengah, dan buku Calendar of Events 2015 Jawa Tengah. Semua buku ini dicetak dengan kwalitas baik, kertas lux dan foto berwarna dengan kualitas foto prima. Tiap kotamadya dan kabupaten ditampilkan dengan segala informasi lengkap tentang obyek wisata sejarah, alam, kuliner, peta wilayah dan akomodasi hotel.

Contohnya untuk wisata di Kabupaten Wonosobo di halaman 122 ada bahasan tentang Dataran Tinggi Dieng, Telaga Warna dan Telaga Pengilon, Tuk Bima Lukar, Bukit Sikunir, Agrowisata Tambi, dan 6 obyek wisata alam lain. Untuk Wisata Budaya ada Festival Balon Kertas, sedangkan wisata kuliner menceritakan tentang mie ongklok, tempe kemul, dll. Tak lupa juga ada kerajinan khas, alamat hotel dan agen perjalanan.

IMG_6043.JPG
Di halaman terakhir tentang Kabupaten Karanganyar ditampilkan obyek wisata sejarah yang sangat ingin kudatangi, Candi Sukuh dan Candi Cetho.

IMG_6051.JPGBuku kedua Jalan2 & Jajan di Jawa Tengah lebih detail menampilkan wisata kuliner dengan makanan yang spesifik dan nama-nama unik. Aku baru tau lho ada roti Ganjel Rel di Semarang, ada Adon-adon Coro di Jepara, Sayur Becek di Grobogan, Getuk Kethek, dll. Beneran bikin ngacai deh..

IMG_6049.JPG.
Sedangkan buku ketiga Calendar of Events 2015 Jawa Tengah lebih spesifik menyajikan kalender acara per bulannya di berbagai daerah di wilayah Jawa Tengah. Di bulan Mei 2015 pada tanggal 2 ada Semarang Night Festival dan Upacara Adat Saraswati di komplek Candi Cetho, Karanganyar, ada Festival Banjir Kanal di Semarang, Mangkunegaran Performing Art, Gelar Budaya Wonorejo dan Pengambilan Api Waisak. Semua peristiwa menarik bukan…? Yang ingin lebih tau tentang wisata Jawa Tengah bisa lanjut ke situs resmi Wisata Jawa Tengah. Yuuuk mareee wisata ke Jawa Tengah.