Tak kusangka masih bisa terus menerbitkan tulisan di blog setelah sekian lama, walaupun belakangan ini cuma sekali seminggu mengeluarkan posting baru. Dihitung-hitung sudah hampir 5 tahun menumpahkan isi kepala ke dalam blog.  Kusangka kegiatan ini hanya sekedar angin-anginan saja. Ya iya, bolehlah aku sendiri meragukan niatku ngeblog yang awalnya  hanya sekadar ingin tahu apa itu blog. Dulu itu aku  tak aktif di dunia maya, pegang komputer saja jarang, he..he.., karena memang pekerjaanku kan harus langsung berhadapan dengan manusia.

Blog  sepengetahuanku saat itu  hanya sekedar buku catatan harian online.  Tak ada bedanya dengan diary ya. Makanya ketika lihat satu alamat blog di milis, langsung kulihat dan coba-coba mendaftar di platform yang sama.

Blog makin mengasyikkan ketika bisa berinteraksi dengan komentator blog, bisa berteman, bisa bertemu, bisa berwisata bersama, bisa dibantu karena umumnya para blogger itu tak pelit ilmu, dan tak pelit informasi, Informasi apa saja dibagi di blog, bahkan cara cari duit juga dibagi. Pokoknya blogger itu top deh, nggak takut banyak saingan.

Ketika semangat sedang tinggi aku ikut tantangan post a day dari WordPress, yaitu tantangan menulis setiap hari dengan ide tulisan dilemparkan oleh WP.  Aku  bisa ikut sampai satu setengah bulan, tetapi tidak pakai ide yang diberikan, suka-sukaku sendiri saja he..he…. Aku menulis tentang apa saja dan untungnya waktu itu semesta mendukung, koneksi internet bagus, punya waktu luang dan sehat juga.

Tantangan datang ketika  koneksi internet buruk,  salah satu contohnya terjadi ketika ada kontes yang mengharuskan setor tulisan di hari yang sama. Kalang kabutlah menulis dari telepon genggam. Alhamdulillah bisa memenuhi tenggat waktu.

Tantangan lain datang ketika tak ada waktu luang yang cukup untuk menulis. Pekerjaan cukup banyak, layanan internet tiarap, di rumah tak ada asisten, jalan macet sehingga sampai di rumah sudah cukup larut dan  tak punya saat-saat lega duduk  merenung mengendapkan ide hingga jadi satu tulisan. Bila timbul masalah seperti itu aku pilih hanya membuat tulisan singkat. Tulisan itu bisa hanya berupa foto atau lirik lagu, tentu juga disertai sedikit narasi. Itu kulakukan dengan telepon genggam di dalam bis kota. He..he.. iya enaknya naik bis kota itu salah satunya ya kita bisa santai bahkan bisa tidur, tetapi aku memilih ngeblog, baik itu menulis  atau blogwalking. Bahkan ada salah satu posting menceritakan keberisikan ngoroknya seorang bapak yang duduk di belakangku, he..he…

Walaupun sibuk, kuusahakan istirahat ngeblog itu jangan terlalu lama, karena momentum menulis itu harus dijaga. Semakin lama berhenti semakin malas rasanya untuk merangkai kata. Di saat padat seperti sekarang ini aku pilih hanya menulis,  blogwalking tanpa meninggalkan komen (bw itu tak bisa kutinggalkan, sesibuk apapun). Alasanku tak meninggalkan komen, karena takut tak bisa intens membalas komentar yang masuk ke blogku.. Biarlah, akibatnya sementara ini trafik blogku menurun.

 

“Cerita ini diikutsertakan dalam 2nd Give Away Ikakoentjoro’s Blog”