Rimpang menurut kbbionline.com artinya adalah umbi  atau akar yang bercabang-cabang spt jari.   Rimpang dalam bahasa Latin disebut rhizoma. Percabangan seperti jari ini dapat menghasilkan tunas dan akar baru dari ruas-ruasnya. Kencur ini termasuk salah satu jenis rimpang.  Ada beberapa jenis rimpang  yang digunakan  sebagai bumbu dapur seperti kencur, kunyit, lengkuas, jahe dan temukunci. Selain itu rimpang juga dipakai sebagai bahan baku jamu tradisional khas Indonesia.

Jenis rimpang lainnya yang kutahu misalnya temu ireng, temulawak, temu putih, lempuyang, temu giring, dan bangle. Teman bisa membantuku menambahkan daftar ini?

Yuk, lihat bunga-bunga  cantik beberapa jenis rimpang yang kutemui. Walaupun bukan tanaman hias, ternyata beberapa jenis rimpang itu berbunga indah dan  berwarna cemerlang.

1. Kencur (Kaempferia galanga)

Suatu pagi  komandan raun cerita ia menemukan sesuatu di halaman depan rumah. Pak suami  mengatakan  di dalam pot ada tumbuh bunga berwarna ungu yang terlihat kontras dengan sekelilingnya. Bunga ini  menimbulkan tanda tanya, karena tak terlihat batang utamanya. Berjarak darinya hanya ada gulungan daun. Tapi kami berdua masih tidak yakin keduanya itu berhubungan. Aku merasa ini salah satu bunga dari rimpang . Setahuku beberapa jenis rimpang  memang berbunga cantik. Tapi rimpang apa yang berbunga ungu?

bunga kencur ungu

 

Bibi asisten rumah tangga kami punya kebiasaan menanam begitu saja  sisa-sisa  bumbu dapur  di pot. Maklumlah lahan di rumah sangat terbatas.  Asalkan ada area sedikit lega di sebuah pot di situlah dia menabur sisa cabai, tomat dan rimpang. Nah, bunga ungu ini muncul di salah satu  pot anakan pohon matoa. Kata bibi seingatnya  dia pernah tanam jahe di situ.

Googling berdasar gambar akhirnya kusimpulkan ini adalah bunga kencur. Kembang jahe berwarna merah. Walau berbeda bentuk dan warna bunga   tetapi kencur ini juga merupakan salah satu anggota keluarga jahe-jahean (Zingiberaceae). Memang seiring waktu gulungan daun itu membuka dan dugaan bahwa itu kencur terbukti.  Jadi, positif  itu bukan bunga jahe ya.

Agak sedikit takjub  melihat bunga kencur ini bisa muncul. Di musim penghujan ini kencur yang sudah ditanam sekian lama akhirnya bisa tumbuh subur dan berbunga. Alhamdulillah.

Rimpang yang sengaja kutanam sebelumnya, kunyit, lengkuas dan jahe mengapa tak pernah memunculkan bunga ya. Mungkin ada syarat-syarat dan perlakuan khusus? Jadi penasaran kan ingin lihat kembang dari ketiga jenis rimpang yang biasa dipakai sebagai bumbu dapur  itu  secara langsung.

Kencur itu banyak manfaatnya untuk kesehatan kita. Salah satunya yaitu  mengunyah kencur bisa melegakan tenggorokan yang gatal. Aku pun suka sekali dengan makanan yang memakai kencur sebagai salah satu bumbunya. Misalnya karedok dan pecak ikan mas. Rasa kencur yang agak pedas itu terasa nikmat dan menambah selera makan he.. he..

Oh ya setelah foto itu muncul di Facebook ada seorang rekan yang cerita bahwa daun kencur itu pun bisa disayur. Caranya yaitu ditumis dan beserta pangkal umbi yang masih muda.

2. Temulawak (Curcuma xanthorrhiza)

Rimpang lain yang pernah kulihat dengan mata kepala sendiri yaitu temulawak dan temuireng. Kedua jenis rimpang itu berhasil kufoto di saat bersamaan. Beberapa  waktu lalu  bertamu ke rumah bu Dey di Parongpong dan sekaligus lanjut ke Villa Isola di kompleks UPI.

Bunga Temulawak

Ayahnya bu Dey senang bertanam. Suka deh berkeliling ke halaman rumahnya. Mbah kakung ini bertangan dingin, apapun yang ditanamnya tumbuh subur. Dan berkat kunjungan inilah aku baru paham bahwa rimpang itu meski bukan tanaman hias tetapi menghasilkan bunga yang sangat cantik.

Temulawak berbunga kuning tua. Semakin elok karena bunga-bunga  kuning tersebut   punya banyak daun pelindung yang panjangnya bisa melebihi bunganya sendiri.

Perhatikan saja gradasi warna kelopak daun bunganya. Di pangkal helai daunnya berwarna kehijauan. Semakin ke atas terlihat garis-garis perpaduan warna putih mengarah ke warna keunguan.

Temulawak ini asli Indonesia. Dalam bahasa asing pun tetap disebut temulawak.

Temulawak banyak dikenal  sebagai tanaman obat. Manfaat temulawak ini  bermacam-macam. Yang paling dikenal adalah kegunaannya  untuk menambah nafsu makan. Selain itu temulawak pun bisa dibuat sebagai sirup yang menyegarkan.

3. Temuireng (Curcuma aeruginosa Roxb.)

 

Bunga Temuireng

 

Temu ireng atau temu hitam adalah tanaman yang rimpangnya dimanfaatkan sebagai bahan baku jamu. Rimpang temu ireng ini bila dibelah akan terlihat berwarna putih semu  kebiruan.  Manfaatnya juga bisa sebagai penambah nafsu makan. Untuk menghilangkan perut kembung pada bayi bisa dengan cara mencampur parutan temu ireng ditambah minyak telon. Campuran ini dibalur saja ke perut bayi.

Pada temu ireng warna ungu daun pelindung bunga  ungu yang lebih merata dibandingkan pada temulawak. Bunganya cantik dan terlihat berkilau ya.

Hanya ada 3 jenis rimpang yang semuanya berwarna ungu ini yang pernah kulihat  secara langsung. Dulu pernah baca tulisan teman blogger ysalma yang melihat bunga kunyit yang juga indah. Sejak saat itu  rajin memperhatikan tanaman dari keluarga jahe-jahean. Di dekat rumahku ada yang mengusahakan ladang lengkuas, ini juga jadi tempat hunting. Tapi dari tanaman sebanyak itu juga belum terlihat penampakan bunga rimpang lengkuas  yang indah.