Apa yang anda lakukan   untuk  ngabuburit sejenak melupakan rasa lapar berpuasa? Alhamdulillah banyak pilihan untuk warga ibukota. Sudah bosan pergi ke mal? Bagaimana bila mendatangi ruang terbuka hijau?  Gratis lho. Boleh aku kasih usul main ke Taman Situ Lembang? Ajak  anak-anak  atau teman juga ya. Sebetulnya nggak hanya di bulan puasa kok, akhir pekan pun nyaman menghabiskan waktu di sini.

Ngabuburit, sebuah kata dari bahasa Sunda yang semakin populer. Mungkin karena  hanya satu-satunya kata ini yang tepat menggambarkan saat-saat  membuang waktu sambil menunggu sesuatu. Sekarang ngabuburit ini langsung diasosiasikan dengan masa menunggu bedug bertalu untuk berbuka puasa  di bulan Ramadhan. Belum pernah kudengar ada istilah lain untuk itu.

Satu lagi taman kota  di Jakarta  yang sempat  didatangi, sebelumnya ada  Taman Kota #1 Taman Ayodya di Jakarta Selatan.

Di mana sih letaknya Taman Situ Lembang?  Walau bernama Lembang tempat ini berada di Jakarta Pusat. Lokasi persisnya  di area perumahan megah yang pernah disebut kota taman pertama di Indonesia, Menteng. Lokasi taman tersembunyi  di jalan Lembang. Oh ya karena letaknya ini, tak ada kendaraan umum yang lewat.

Memang Taman Situ Lembang tak sepopuler  Taman Suropati. Taman yang disebut terakhir itu  berada di jalan utama ibukota yang sibuk, jalan Pangeran Diponegoro. Tetapi sebetulnya kedua taman ini lokasinya hanya berjarak 300an  meter,  jalan kaki juga bisa lho. Susuri saja Taman Suropati sampai ke ujung, lalu masuk ke jalan Syamsurizal dan kemudian berbelok sekali lagi dan anda telah tiba di  jalan Lembang.  Petunjuk jalan juga sudah ada kok.

Yang istimewa dari Taman Situ Lembang adalah ada kolam besar (situ)  berbentuk oval, lengkap dengan air mancur dan tanaman teratai. Dahulu sebelum ditata taman ini jadi tempat mangkal para pedagang gerobak  makanan kaki lima.  Banyak orang datang hanya mau cari makan saja di sini, terutama di malam hari. Kini taman sudah berubah  ditata apik.

 

Fasilitas apa saja yang ada di sini?

Untuk anak-anak di sini disediakan bangku-bangku,  permainan seperti ayunan, juga ada patung dinosaurus. Untuk orang dewasa disediakan peralatan untuk  berlatih kebugaran, jogging track dan hamparan batu refleksi.  Bahkan ada yang bersepeda dan memancing. Memang boleh kok memancing di sini, perlengkapan bawa sendiri ya, tak ada yang menyewakan. Kulihat ikan yang ditangkap kebetulan berukuran kecil. Entahlah apa ada ikan ukuran lebih besar di sini.

Fasilitas lain seperti toilet dan mushola ada di sini. Taman terjaga rapi berkat petugas kebersihan yang rajin sekali menyapu dengan sapu lidinya.

 

Selayaknya taman tentu harus ada penghijuan bukan?  Sisi sekeliling situ tak terlalu luas, tetapi ditanami tanaman hias berbunga merah meriah.  Penguapan air dari situ  menambah kesejukan udara. Ditambah   lagi pohon-pohon besar yang rimbun  meneduhkan taman dan menjadi tempat persinggahan burung-burung  berkicau. Sayang tak mampu membedakan suaranya. Sungguh  bikin tenteram.

Taman kota memang sudah jadi salah satu kebutuhan masyarakat perkotaan yang lelah dengan hiruk pikuk jalan raya dan perkampungan padat penduduk. Semakin banyak taman tentu akan mampu mengurangi polusi dan memperbaiki kualitas udara. Taman  juga   sebagai ruang publik tempat berinteraksi dengan alam dan manusia lainnya.

Letak Taman Situ Lembang yang tersembunyi ini bawa keuntungan juga.  Tak banyak orang yang ke sini, jadi sampah pun tak banyak. Taman jadi  tetap cantik, rapi dan bersih. Jadi, setuju  dengan usulku untuk ngabuburit sejenak bersama keluarga di Taman Situ Lembang?