Taman Ayodya Jakarta

 

Sejak si papa bilang mau ada acara reuni di wilayah Blok M, aku langsung ingin ikut, bukan mau ke acaranya, tapi pengen ke Taman Ayodya. Selama ini cuma lewat, belum pernah mampir ke situ, jadinya penasaran . Nah, sesekali nunggu di taman, berdua adek.

Taman Ayodya, sering juga disebut Taman Barito karena lokasinya di antara jalan Barito, Mahakam, dan Melawai, sekitar 1 kilometer sebelum kawasan Blok M. Demi memperluas kawasan terbuka hijau, pasar ikan hias Barito yang semula menduduki ruang hijau itu dipindahkan. Sempat juga ada penolakan dari para pedagang, mudah-mudahan sekarang semuanya sudah beres.

Kami datang sudah hampir tengah hari, parkir mobil di pinggir taman nggak jauh dari parkir sepeda bergaya rumah Betawi. Tengah hari itu cukup panas, aktivitas di taman sudah mereda, hanya terlihat orang-orang yang berteduh di bawah pohon, atau di gazebo, mereka duduk santai ngobrol atau fotoan. Terlihat kan warga sangat antusias memanfaatkan areal terbuka hijau seperti ini. Taman Kota sudah jadi kebutuhan warga sekedar untuk istirahat atau melakukan aktivitas seperti berolahraga santai menghilangkan kepenatan, karena lihat warna hijaunya dedaunan itu bisa menyegarkan mata dan pikiran dan juga bisa jadi penyaring polutan selain tentu saja buat kota tambah cantik. Suka iri gitu deh kalau lihat taman kota di negara lain yang sangat luas dan hijau.

Karena cuma bisa foto sepotong-sepotong ini gambaran beberapa sudut Taman Ayodya di sisi kiri. Fasilitas di sisi ini ada kolam ikanΒ berair mancur (siang itu air mancur nggak dipasang), gazebo, panggung kecil menjorok ke tengah kolam dan bangku-bangku berundak (mungkin ingin terlihat seperti amphiteater mini) bangku kecil dari besi dan tentu saja tempat sampah berbentuk unik di tiap sudut.

Taman Ayodya Jakarta

Menyeberangi jalan Barito kita sampai ke taman sisi lainnya. Tiang lampu di taman sisi kiri ini segaris dengan tiang lampu sisi kanan, pasti makin cantik kalau semua lampu menyala bersamaan di malam hari. Di sisi kiri tak ada kolam hanya ada selokan kecil dengan jembatan kecil yang saat itu dipakai untuk foto prewedding, he..he.. kasihan capeng bolak balik lap keringat, di siang panas itu pakai busana resmi. Ada gazebo juga di sana yang dipakai tidur oleh dua orang bapak. Sisi taman ini hanya kami jalani tak terlalu jauh, terhalang aktivitas foto pre wedding itu.

 

 

 

 

Taman Ayodya

Taman Ayodya ini terletak di wilayah Kebayoran Baru, kotamadya Jakarta Selatan, wilayah elit yang awalnya dirancang sebagai kota taman (tahun 1948) yaitu area perumahan dengan banyak taman. Jadi pembangunan taman Ayodya ini merupakan upaya untuk kembali ke asal. Sedangkan nama Kebayoran itu awalnya berasal dari nama tempat penampunhan pohon bayur, sejenis kayu yang dipakai sebagai bahan bangunan. Zonasi wilayah ini per blok, yang masih dipakai sampai sekarang. Contohnya blok A, blok M, blok S, blok P. Tak jauh dari Taman Ayodya banyak wisata kuliner seperti di jalan Mahakam dan Bulungan. Jadi lokasi ini sangat strategis sekali.

 

Taman Ayodya Jakarta

 

 

Secara umum kondisi Taman Ayodya ini masih terawat dan terpangkas rapi pohon dan tanamannya, ikan-ikan di kolam masih banyak, kebersihannya tak seratus persen bersih, masih ada warga nakal yang buang botol PET bekas ke dalam kolam, padahal tempat sampahnya cakep dan imut, dan sudah ada coretan di bangku beton. Ayo dong warga jangan malas jaga fasilitas.