Rumah Gadang sebutan untuk rumah adat di Minangkabau pastilah sudah banyak rakyat Indonesia yang tahu, paling tidak ini terwakili dari hiasan atap bagonjong di rumah makan Padang.

Rumah Gadang gampang dikenali dengan atapnya yang khas berbentuk tanduk kerbau. Bentuk atap dan nama Minangkabau itu sendiri ada asalnya, kurang lebih berarti menang kerbau. Tentang ini, ada kisahnya tersendiri.

Maka, berwisata ke  Ranah Minang tanpa melihat sosok rumah gadang  bagaikan makan sayur tanpa garam. Rumah Gadang masih banyak dijumpai di tempat asalnya, baik yang dipakai sebagai rumah tinggal, istana atau perkantoran yang mengadopsi bentuk atap bagonjongnya saja. Dari yang berukir lengkap, ukir sederhana atau yang polos tanpa ukiran, semuanya sangat cantik. Ukiran berupa bunga dan sulur.

Rumah Gadang yang kami kunjungi Istana Baso Pagaruyung yang masih dalam tahap sentuhan akhir, saat itu masih ada para pekerja yang menyelesaikan bagian dalam istana.Istana ini beberapa waktu lalu terbakar karena tersambar petir.

Di Istana Baso Pagaruyung

Atap rumah gadang yang meruncing itu dimaksudkan supaya air hujan gampang turun ke bawah, jadi tidak mudah bocor  meskipun atapnya dari ijuk. Ternyata rumah gadang ini tak hanya bentuk atapnya saja yang unik bentuk rumah secara keseluruhan juga unik. Kusangka bentuknya sama saja dengan rumah biasa pada umumnya yang dindingnya tegak lurus 90 derajat.

istana pagaruyung

 

Bentuk dasarnya segi empat tidak simetris yang  membesar ke atas. Kalau di ilmu geometri mungkin bentuknya seperti trapesium terbalik. Jadi bentuk dinding, kusen dan pintu itu tidak simetris, membentuk sudut yang lebih besar dari 90 derajat,  pasti pembuatannya memerlukan tukang yang sangat ahli dan telilti sampai presisi. Sangat menakjubkan.

Kunjungan kami ke istana Pagaruyung pada saat renovasi masih berlangsung, masih ada para pekerja yang memberikan sentuhan akhir pada interior. Beberapa waktu lalu istana ini memang terbakar tersambar petir.

Selain ke istana,kami pun sempat mampir ke dua buah rumah gadang yang letaknya  bersebrangan, masih terletak di wilayah Pagaruyung, Batusangkar.

Rumah Gadang