blogging-1168076_640

Walau baru kali ini secara resmi mengumumkan ruang guest posting di mondasiregar.com, sebetulnya blog ini telah pernah mempublikasikan tulisan teman-teman blogger. Dibilang ikut-ikutan nggak apa-apa deh, kan hasilnya positif. Tulisan tamu memang masih sedikit dan terbatas pada teman lama. Itupun agak merayu  mengeluarkan jurus ampuh alias “setengah memaksa” ha..ha.. Tulisan-tulisan tersebut  dimasukkan ke kategori Penulis Tamu.

Mereka yang pernah menyumbangkan tulisannya yaitu  Elje  yang sedang vakum ngeblog, urun rembug  dengan dua tulisan, Urang Agam di Negeri Mataram dan review buku  Yesterday in Bandung. lalu  Dey yang kuminta menarasikan fotoku di Gapai Jemariku Cinta   dan Febryan Lukito yang semakin ahli ngeblognya menuliskan cara mendapatkan ide tulisan blog.

Lalu, kenapa sekarang  go public buat ruang guest post? Alasan utamanya ya untuk membantu memompa semangat ngeblogku supaya terus aktif. Rutinitas  ngeblogku terganggu karena kelelahan saat asisten di rumah dan juga asisten di puskes masih cuti di waktu bersamaan. Ingin membuat tulisan baru selalu saja mudah hilang fokus karena gampang sekali diriku tergoda klik link menarik yang terlewat selama nggak aktif. Akhirnya jadi frustasi sendiri he..he..

Lagian dengan  beranekanya topik dan gaya bahasa di blog ini aku juga jadi belajar untuk lebih baik  menyampaikan pesan, dan juga agar pengunjung setia blog ini tak bosan dengan cara ngeblogku. Asyik lho baca tulisan yang tak seragam.  Sekali-sekali blog ini bergaya usil nakal ala Elje, puitis cara bu Dey atau gaya anak mudanya Febryan Lukito. Aku sendiri duluuu sekali pernah menjadi penulis tamu di blognya elje dan blognya oom NH 18.

Kok yang disebutkan keuntungan buat empunya blog saja, lalu manfaat buat penulis tamu apa ya?

Keuntungan Menjadi Guest Post di mondasiregar.com

Mungkin saja kan  teman-temanku belum menjadi teman anda.  Mungkin saja mereka itu  dan pembaca blog ini nanti akan menjadi pengikut setia blogmu? Asyik kan. Walau komentator blog ini tak sebanyak di blog anda masih ada pembaca dari mesin pencari yang sangat layak dipertimbangkan. Lumayanlah  saat tak aktif ngeblog pengunjung  tak dikenal itu yang membuat trafik blog ini  tetap stabil, salah sekian ada yang tertarik mengklik link anda kan berarti banget ya. Selain itu menulis di blog lain  bisa jadi ajang belajar sebelum anda melangkah menulis di media besar dengan editor yang lebih cermat.

 

Syarat Tulisan Tamu

Blog kalian adalah blog pribadi bukan blog bisnis ya. Artikel pun harus karya sendiri yang orisinal, bukan jiplakan. Pastilah aku akan periksa dengan tools yang ada, seperti  Plagiarism Checker buat pastikan isinya hasil  karya sendiri dan bukan copy paste.

Jumlah kata dalam artikel berkisar antara 500 sampai  2000 buah. Aku rasa julah kata sebanyak itu  cukup nggak usah terlalu panjanglah.   Yang penting teman bisa memahas ide lebih dalam. Jika ingin menyertakan foto dipersilahkan, tentu perhatikan ukurannya dan jangan lupa  sertakan sumber bila bukan milik sendiri. Tema artikel bebas SARA bebas kontroversi,  dan disesuaikan dengan isi blog ini. Artikel boleh tentang blogging dan media sosial, jalan-jalan, wisata kuliner, resensi buku, film atau  tips.  Gaya bahasa tentu saja terserah, tak perlu dimiripkan dengan caraku. Tetap bertahan dengan gaya bahasa yang sudah ciri khas anda saja. Dan jangan khawatir  tanggung jawab dan hak cipta tulisan dan foto tetap ada di tangan penulis tamu.

Artikel yang ingin diterbitkan di sini di ruang Guest Blog mondasiregar.com bisa dikirimkan ke Kontak, mohon sabar dan menunggu jawaban email. Atau boleh  colek aku di twitter @monda6.