Semakin murahnya biaya transportasi menyebabkan banyak keluarga muda gampang bepergian ke tempat yang jauh. Dahulu kami harus menabung beberapa lama jika ingin bawa anak-anak bepergian dengan pesawat terbang. Makanya tak banyak tips yang bisa kubagi dengan adik ipar yang ingin membawa balitanya ke Jakarta menghadiri acara pernikahan salah satu anggota keluarga kami. Penjelasan tentang tips membawa bayi dan balita naik pesawat terbang kutemukan  di blog Dunia Biza.

Ira Guslina, admin blog Dunia BiZa, nama yang mengambil akronim kedua anaknya. Tambah lagi padussi (wanita) Minang yang jadi teman blogger (jadi ingat Tour de Ranah Minang I dan II  yang mengesankan he.he..)  Blog dengan tagline Cerita Tentang Family, Lifestyle dan Inspirasi ini siapa sangka baru berumur beberapa bulan. Dalam waktu singkat saat umumnya banyak bloger masih tertatih-tatih mengarahkan blognya, uni Ira telah mendapatkan jalannya sendiri. Halaman profilnya menampilkan deretan lomba yang pernah dimenangkan setiap bulan sejak Oktober 2015. Makanya layak banget kan mencari tahu apa isi blognya.

duniabiza

Ternyata prestasi menulisnya tak datang dengan sendirinya. Dunia tulis menulis bukanlah barang baru baginya. Di kampus dia aktif sebagai pemimpin redaksi pers mahasiswa. Maka ketika memutuskan mengundurkan diri dari dunia kerja di luar rumah dia memilih menyalurkan kepiawaiannya menulis dengan membuat blog pribadi. Itu setelah blog pertama yang telah lebih dulu ada dan dibiarkan tak aktif bertahun-tahun tak nyaman lagi untuk dilanjutkan.

Prestasi itu tertuang di  About Me, setelah itu tentu saja melirik kategori  penulisan. Ada 6 kategori tulisan di blognya yaitu Mom’s, Kiddo,Wallet, Lifestyle, Writing, dan Inspirasy. Uni Ira menulis banyak hal yang menarik minatku. Salah satunya tentang wisata,  dan tampaklah info  7 Tips Nyaman Membawa Bayi Naik Pesawat.

Membawa bayi dalam perjalanan dengan mobil saja perlu persiapan khusus, bayi mudah rewel bila merasa tak nyaman bukan? Apalagi bila harus  bepergian dengan pesawat terbang  di mana ruang gerak bayi dan balita sangat terbatas ditambah pula dengan  adanya beda tekanan udara saat lepas landas dan mendarat .

Menurut uni Ira yang  pernah membawa dua balitanya naik pesawat terbang ada yang harus tetap diperhatikan oleh orang tua agar bayi tetap nyaman. Sediakan tas khusus untuk memuat popok dan tissue basah, baju cadangan untuk balita dan orang tua, susu dan makanan bayi, dan  air panas dalam botol. Jangan lupakan juga nursing apron, selimut dan mainan.

Aku baru tahu lho ada batasan usia bayi boleh terbang, tiap airline berbeda. Jadi pastikan tentang ini ya. Ada pula airline yang mensyaratkan surat keterangan dokter.

Inilah 7 tips dari Dunia BiZa agar bayi dan balita tetap nyaman di dalam pesawat terbang :

1.Tiket dipesan beberapa hari sebelum berangkat,  untuk memastikan bayi dan balita dalam kondisi prima.

2. Pilih penerbangan saat jam tidur bayi

3. Tiba di bandara lebih awal agar bayi bisa adaptasi

4. Hanya bawa sedikit barang

5 . Minta kursi di dekat lorong

6  Saat lepas landas dan mendarat bayi disusui

7. Selalu dekap dan temani si kecil,

Tak banyak kan yang harus diperhatikan, 7 tips bepergian dengan bayi dan balita naik pesawat terbang ini dirangkum oleh uni Ira Guslina berdasarkan pengalamannya sendiri saat beberapa kali membawa bayi dan balita naik pesawat terbang jurusan Jakarta – Padang dan sebaliknya. Semoga  7 tips ini bermanfaat, dan jika ingin tahu hal ini lebih terperinci, jangan sungkan untuk mengunjungi blog Dunia BiZa..