Profile picture hpnya suami berubah jadi gambar buah. Suami saat itu sedang ada kegiatan kantor di sebuah resort di Sentul. Buah apa ini ya?  Buah bulat kecil bergerombol berwarna kecoklatan itu tumbuh menempel di batang pohon. Buah itu belum  pernah kulihat tapi tampak tak asing. Kucoba mengingat pernah lihat di blognya mbak Prih Rynari dan mbak Mechta, nah ketemu deh. Itulah  foto buah kepel, atau burahol.

Makanya, cus deh minggu depannya kuajak jalan ke situ lagi demi lihat pohon kepel, suka penasaran sama pohon sih, dan tentu saja tak lupa bawa alat pancing karena ada kolam pemancingan di resort itu. Kok dari jaman dulu sudah sering ke sini  nggak tahu ya ada pohon kepel di lokasi ini,  apa mungkin datang saat pohon tak berbuah?

Panjang Jiwo Resort, nama yang unik. Apa  ya maksud di balik pemberian nama ini? Apakah ada tujuan supaya berumur panjang kalau menghabiskan waktu di sini? Entahlah. Dipikir-pikir mungkin saja sih, karena kegiatan luar ruang itu bisa membuat rileks, menghilangkan kepenatan dan kebosanan Kalau kurang piknik ntar malah jadi  stres, sehingga penyakit yang bersumber kejiwaan datang  mendekat.

Panjang Jiwo Resort Sentul

Panjang Jiwo Resort Sentul

 

Acara family gathering dari kantor suami  beberapa kali mengambil tempat di sini.   Resort ini punya beberapa cottage dan hotel, juga gazebo, dan restoran, tetapi acara gathering selalu diadakan di aula terbuka di sekitar kolam pancing, malah belum pernah masuk cottage dan hotelnya. Akhirnya kami sekeluarga malah jadi ketagihan datang ke sini karena bisa menyalurkan hobby mancing di danau buatan,  keluarga yang menunggu bisa berenang di kolam renang, ikut outbound (ada fasilitas flying fox dan perahu) atau tidur-tiduran santai di gazebo atau bisa juga jeprat jepret pemandangan bunga-bunga dan pohon yang sedang berbuah

Siang beberapa minggu lalu, kami datang bertepatan dengan acara family gathering sebuah kantor, semua gazebo yang berada di tepi dua kolam pancing terisi penuh. Kami akhirnya disediakan tempat di teras kantor yang asri, sambil memesan akan pindah kalau ada gazebo kosong. Untungnya, di kiri kanan teras inilah tumbuh pohon yang buat aku penasaran, sibuk deh jepret di situ sambil menunggu pesanan makanan siang datang. Betul, inilah pohon kepel atau burahol. Buahnya ini bisa berhasiat kontrasepsi dan bikin nafas wangi. Itu sebabnya katanya pohon kepel banyak ditanam di halaman keraton untuk dikonsumsi para putri.

Tumbuhan kepel atau burahol (Stelechocarpus burahol) dinamai demikian karena buahnya memang cuma sekepal tangan. Kepel saat itu belum matang, sayang banget belum bisa dicoba, ingin balik lagi ke sana, mudah-mudahan bisa kebagian icip-icip rasa buahnya biar wangi seperti putri keraton he..he.. Para petugas Panjang Jiwo Resort mengundang kami datang nanti  dan katanya dengan senang hati mau berbagi buahnya.

Area Panjang Jiwo Resort ini cukup luas, banyak tanaman buah dan hias ditanam teratur. .Selain  pohon kepel aku bisa lihat tanaman lain juga seperti jeruk Bali, mangga, jambu, dll. Untuk pertama kalinya juga lihat pohon manggis, wk..wk.., lalu ada pohon asam renda, yang buah masamnya sering banget kumakan di masa kecil.

Selesai makan siang dengan menu nasi bakar ikan asin dan sayur asem, akhirnya kami dapat tempat di gazebo yang sudah kosong. Pak suami mengeluarkan alat pancing, dan mencoba peruntungan di dekat gazebo utama di tengah kolam. Tak berapa lama seekor ikan mas ukuran  sedang menyantap umpan (umpan bisa beli di tempat), dibantu seorang petugas ikan mas dilepaskan dari kail dan dimasukkan ke jaring dan direndam lagi dalam kolam, supaya kami bisa bawa pulang hidup. Menjelang sore sudah berhasil mendapat 3 ekor ikan mas, ikan ditimbang dan kami bersiap pulang.

Panjang Jiwo Resort

 

 

Lokasi Panjang Jiwo Resort di desa Cijulang, kecamatan Sukaraja dari arah Jakarta bisa dicapai melalui tol Jagorawi keluar di pintu Sentul City (bukan pintu Sirkuit Sentul ya), lalu belok kiri dan ambil ke kiri sebelum pintu masuk kawasan perumahan. Di pertigaan ke kanan kemudian ikuti petunjuk jalan saja.