bunga kuning paitan, bunga semak kuning

 

Setuju nggak kalau kubilang bunga berwarna kuning ini jika dilihat sepintas sangat mirip dengan bunga matahari? Tetapi bukan bunga matahari. Bunga kuning  ini adalah tanaman liar yang banyak dijumpai di pinggir jalan. Pernah perhatikan?  Pohonnya agak tinggi, mempunyai  daun yang   mirip juga dengan daun bunga matahari. Entahlah, mungkin juga masih satu genus.

Melihat bunga  kuning cantik  di pinggir jalan langsung ingin memotretnya. Bunga  kuning ini membawa kenangan masa kecil. Di dekat rumahku di Balikpapan dahulu banyak sekali tanaman ini. Pohonnya tumbuh di pinggir jalan menuju ke sekolah. Meskipun  tanaman ini liar aku tetap  suka. Dengan warna kuning yang  terlihat sangat cerah dan bentuknya sederhana, tipikal bentuk bunga yang kita gambar untuk pelajaran menggambar di sekolah, betul tidak? Si bunga kuning ini seringkali kupetik untuk dibawa ke sekolah. Di hari piket murid yang bertugas membersihkan kelas juga diminta menyediakan bunga untuk meja guru.

Kamera yang dipakai untuk menjepret bunga ini  milik LJ yang baik sekali menawarkan kamera poketnya, karena baterai teleon genggamku habis.  Entah apa nama kameranya, si kinan atau kenyong, he ..he…

Beliau ini yang mengawal kami sekeluarga  menapaki rute wisata keliling Minangkabau Sumatera Barat.  Lokasi foto ini di sekitar danau kembar, danau Di Atas dan danau Di Bawah.

“Kakak pakai aja kamera yang ini, kan gampang nanti dipindah ke flash disk”

(bahkan bukan hanya foto-foto yang kujepret sendiri, yang difoto oleh si eMak LJ  memakai kedua kameranya pun boleh kupakai sesuka hati. Baik banget kan …?).

Nah, kebetulan ada  tawon sedang mendatangi bunga kuning ini. Langsung beraksi mendekati. Suka sekali lihat serangga  yang sibuk mengisap madu  bunga. Foto bunga jadi terlihat lebih hidup dan lebih indah.

Eh nasibku sedang mujur. Meskipun aku agak grasa grusu  mendekatinya si tawon tetap anteng menghisap sari madu bunga. Ia tak terganggu dan tak mau terbang. Mungkin dia terlalu lapar ya.  Puaslah hati  klik kamera pinjaman berulang-ulang.  Lega bisa memotret tawon mengisap madu, meskipun hasilnya masih biasa saja.

Alhamdulillah, bisa update tambahan info dari mbak Prih yang baik, bunga ini  ternyata bernama Tithonia diversifolia, atau Mexican Sunflower atau Japanese Sunflower.  Sedangkan bunga matahari yang selalu menghadap ke arah datangnya sinar matahari itu  punya nama ilmiah  Helianthus annuus.

Tanaman ini banyak fungsinya, cek ke tempatnya mbak Prih ya. Beliau mengulas lengkap secara ilmiah di tulisannya. Terima kasih banyak  mbak pembaca jadi mendapatkan pengetahuan baru.

Tithonia diversifolia  keluar pada akhir musim penghujan.  Bunga cantik bernaman indah  ini diduga asalnya dari negara Mexico. Bunga kuning ini punya banyak nama lokal, namanya berbeda di tiap daerah. Di daerah Jawa si kuning ini disebut dengan  nama paitan.  Mungkinkah rasanya pahit?  Tanaman  paitan ini  tak tumbuh  tunggal seperti bunga matahari tetapi   membentuk semak. Tanaman ini jarang dibudidayakan  sehingga sering disebut sebagai gulma paitan. 

Paitan ini walau gulma tetapi bayak fungsinya. Menurut mbak Prih tanaman ini dimanfaatkan sebagai mulsa (penutup tanah untuk mengurangi penguapan), bahan dasar kompos, penolak hama atau insektisida nabati, dan lain-lain.

So, tak ada  tanaman yang sia-sia oleh Allah SWT.  Walau semak  liar tetapi ternyata punya banyak manfaat  yang berguna untuk bidang pertanian dan lainnya. Semakin suka deh dengan si bunga  kuning yang mempesona ini.