Ibu-ibu hobby belanja hal yang lazim ya  mau belanja ke warung, ke pasar ataupun ke mal besar, pastilah disempatkan lihat ke sekeliling, mana  tahu ada barang yang menarik. Cuci mata sekejap bisa menyenangkan jiwa juga lho.  Aku juga suka sekali cuci mata, tetapi bukan di seksi busana  atau aksesoris wanita tetapi di rak peralatan makan minum.

Ada sebuah toko outlet produk peranti rumah tangga buatan dalam negeri. Kalau kusebut nama Ked***g, mungkin banyak ibu yang tahu. Dulu, produk dalam negeri ini desainnya masih sederhana, kebanyakan  kaca gelas bening. Tetapi kini, produknya makin beragam dan berwarna warni. Coba lihat peranti minum di bawah ini, familiar dengan motifnya?

cangkir

Perusahaan ini kini mempercantik desain produknya dengan mengusung tema Indonesia. Tema kali ini adalah Toraja Melo, mengingatkanku pada pameran tenun Toraja, Untannun Kameloan di Museum Tekstil  Jakarta beberapa waktu lalu. Motif yang dipakai di sini berasal dari Toraja. Ini dijelaskan dalam brosur mininya. Kekhawatiran akan semakin berkurangnya minat menenun coba dipopulerkan lewat motifnya dulu. Piring kecil atau pisin merah dengan brosur di atasnya itu bermotif  Pabunga-bunga’ atau motif bunga.

Selain motif  dari Toraja, motif dari daerah lain pun pernah diproduksi. Yang pernah kulihat motif batik dan motif jumputan Palembang karya desainer Ghea Panggabean. Rasanya sih ingin sekali punya peranti ini, karena selain cantik harganya pun tak terlalu mencekik, tetapi tiap kali ingin membeli pasti langsung memikirkan tempat penyimpanannya,  maklumlah rumahnya kecil. Sementara ini  cukup puas dengan cuci mata dulu ya.