Jam Gadang,  tempat wisata yang pertama dikunjungi ketika   melancong di kota  Bukittinggi. Wajar  saja karena bangunan ini sudah menjadi penanda kota, sejak pertama didirikan (1926) sampai sekarang. Jam Gadang hadiah dari Ratu Belanda ini sering disamakan dengan Big Ben karena ternyata kesamaan kedua jam besar ini memakai mesin  yang hanya ada dua di seluruh dunia.

,Jam Gadang Bukittinggi Penanda kota atau landmark biasanya berupa bangunan khas yang dengan melihatnya saja orang sudah tahu asal kotanya, seperti menara Eiffel untuk Paris, atau Monas untuk Jakarta.

Tugu Tabot di Bengkulu, bangunan yang masih terbilang baru dimaksudkan untuk itu juga. Bentuk tugu ini diambil dari bentuk arak-arakan tabot pada tanggal 10 Muharam yang pada sejarahnya melambangkan peti mati cucu Nabi Muhammad SAW yang tewas di pertempuran Karbala, Irak.  Tabot hanya ada di Bengkulu dan di Pariaman  – Sumatera Barat dengan sebutan sedikit berbeda, Tabuik

Tugu Tabot - Bengkulu

Tugu Tabot – Bengkulu

 

Dalam setiap perjalanan kuusahakan agar bisa mendatangi penanda kota itu. Sayangnya ketika ke Semarang, gedung Lawang Sewu masih dalam tahap renovasi, sehingga hanya bisa mengambil foto dari jauh saja tanpa sempat masuk ke dalamnya. Begitupun ketika ke Yogyakarta sangat ingin berfoto di Tugu Jogja, tapi aku tak berani mendekatinya karena tugu tua yang terletak di tengah persimpangan itu lalu lintasnya sangat padat, menyesal sekali.

Lawang Sewu – foto lama Lawang Sewu difoto di Museum Kereta Api Ambarawa

Tugu Gajah Lampung ini pun  terletak di persimpangan yang cukup padat.

 

.

Penanda kota Demak sudah pasti  Masjid Demak yang merupakan masjid tertua di Indonesia. Bahkan bentuk atap masjid ini menjadi patokan beberapa masjid tua didaerah lain seperti Masjid Tuo Kayu Jao, Sumatera Barat. Penanda pulau Bali kurasa adalah monumen Garuda Wisnu Kencana, yang meskipun pengerjaannya terhenti tetapi monumen ini sudah sangat dikenal.

 

Masjid Demak

Garuda Wisnu Kencana

Nah, aku jadi ingin tahu bangunan apa yang menjadi penanda kota tempat tinggal sahabat ? Berbagi cerita yuk..