Parkir Praktis Dengan Parkir Susun

Mencari tempat parkir di fasilitas umum seperti di mal di ibukota ini cukup sulit, apalagi pada hari libur, perlu perjuangan. Bisa menghabiskan waktu setengah jam berputar-putar cari tempat.  Bila ada gedung parkir, untuk menuju ke lantai parkir harus melewati jalan melingkar yang bisa buat pusing. Hi..hi..makanya aku suka cari mal yang ada fasilitas ladies parking, untuk pengemudi wanita disediakan tempat khusus, biasanya di bagian depan mal.

Foto di bawah ini  bukan foto  gedung bertingkat biasa. Ini gedung parkir. Kok ramping? Kok tak ada ramp untuk naik turunnya? Di Jakarta sudah dua tahun ini ada gedung parkir susun. Sayangnya aku baru tahu sekarang he..he…..  Gedung parkir ini ada di kompleks rumah sakit pusat rujukan nasional RSCM (Rumah sakit Cipto Mangunkusumo). Tepatnya di RSCM Kencana yang diprokyesikan untuk kelas private dan internasional.

IMG_0046

Parkir di sini memakai sistim susun atau bertingkat. Di gedung ini bisa memuat 96 buah mobil. Kata petugasnya mobil yang bisa parkir di sini sampai seukuran Avanza. Ada 4 buah lift mobil di dalam bangunan berlantai 12 ini. Tujuan parkir susun ini memang untuk menghemat lahan tetapi mampu menampung banyak mobil karena memang sulit sekali cari parkir di rumah sakit ini. Lahan gedung ini hanya 176 meter persegi, jika hanya berupa lahan biasa paling tidak hanya mampu untuk parkir 10 mobil.

antri naik lift

Mobil yang hendak parkir masuk ke dalam lift. Pengemudi bisa langsung turun, dan serahkan semuanya pada petugas. Petugas mencatat nomor mobil dan menjalankan lift, mobil akan naik dan mecari posisi kosong. Teknologi  yang digunakan di gedung ini dari Korea Selatan. Sistem operasional parkir  ini memang menggunakan komputerasi dan otomatis. Lalu, dengan sistem rantai, mobil diangkat menggunakan mesin dan digeser ke tempat-tempat semacam rak raksasa yang bertingkat. Konsep parkir ini telah banyak digunakan di Jepang, Korea, Cina hingga Singapura. Masih kata sang petugas, sistem ini adalah yang pertama di Indonesia.

lift mobil

lift mobil

 

Parkir bertingkat

parkir bertingkat

Untuk mengambil mobil yang diparkir di Gedung Parkir Susun RSCM Kencana, anda hanya menyebutkan nopol kendaraan, petugas memencet tombol dan dalam waktu tak sampai satu menit mobil sudah di hadapan pemilik dalam posisi menghadap keluar.  Praktis ya, tak perlu susah berputar mencari tempat parkir kosong, tak perlu maju mundur untuk parkir. Kurasa mungkin biaya operasional untuk listrik cukup besar tetapi ternyata biaya parkirnya masih disamakan dengan parkir biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. keren kak.. tadinya aku pikir kita ngambil sendiri mobilnya ke lantai brp gitu, wkwkkk..

    sangat efisien..!

    • cuma bingungnya kalau listrik padam .. mobilnya nggak bisa keluar ya.., pulang pake taksi deh

      • Ya kejadian dengan mobil adik iparku waktu gempa bumi Tohoku, tidak bisa pakai mobil sebulan karena listrik mati 🙂 Memang semua ada untung ruginya. Senang mengetahui bahwa parkir susun sudah diaplikasikan di Jakarta.

        • waah.., tapi di sana transportasi umum kan lancar ya, jadi nggak terlalu ganggu mungkin…., cuma mobil kl nggak diidupin 1 bulan biasanya rada susah starter

  2. Aiiih..kalau sistem parkir di mall kayak gini aku bakalan rajin main kesana. Masalah selama ini aku jarang pergi ke mall sendirian gara-gara malas markirnya Mbak Mon..Hehehe..ini untuk mengatakan walau sudah ganti sim 5 kali aku tetap gagap parkir mundur..Hebat yah?

  3. Huaaa.. Keren di Jakarta udah ada parkir tumpuk gitu. Baguslah.. Biar lahan parkirnya bisa buat bikin taman aja.. ^^

  4. Dulu pas jaman kuliah pernah dapat tugas merancang sistem parkir. Browsing-browsing nemu konsep kayak gini. Ternyata sudah ada implementasinya di jakarta. Keren! salut buat pengelolanya

    • waah…, bisa tau lebih banyak tentang mekanisme parkir tumpuk ini dari mbak Nanik…., sistimnya sama dengan lift biasa ya mbak?

  5. kayaknya enak tuh
    soalnya aku sering bingung kalo parkir di gedung
    mau balik bingung tadi naruhnya dimana
    suka salah lantai

    • saya malah baru tau ini lho, di tv nggak pernah lihat…, ketinggalan…
      makanya jadi takjub

  6. huaaa, keren banget gedung khusus parkirnya~ 😀
    jujur, saya juga baru tau kalau ada yang beginian di Indonesia…

  7. mbaaaa…
    naik mobil harus minum antimo…
    naik lift suka parno duluan…
    Sekarang suruh digabungin naik mobil yang pake lift??

    Mba Monda mau nyiksa aku yaaah?
    Mau nyiksaaaa??…hihihi…

  8. Wah keren banget itu. Itu jauh lebih efektif dan efisien… jadi tak perlu menghabiskan waktu satu jam di parkiran mall muter2 cari yang kosong… :))

  9. Mbak Monjda, saya malah baru tau parkir model begini…hehe, ketauan ya betapa sempitnya wawasan perparkiran saya 😀
    Ide yang hebat…untung mbak Monda jadikan postingan, saya jadi tau deh kalo ada parkir model begini…makasih ya!

  10. mau tanya in, teknologi seperti itu namanya teknologi apa ya? hehe, terimakasih 🙂

  11. Pingback: Sulitnya Parkir di Mal | Kisahku