On the Way, I often stopped my car and took a snap of interesting things, such as this empty land, and beautiful flowers of Turi and Passion Fruit.

IMG_6421-1.JPG

Tema Weekly Photo Challenge kali ini cocok banget dengan kebiasaanku yang suka berhenti sesukaku dalam perjalanan. Tentu saja bila keadaan memungkinkan, bisa parkir di tempat yang lega dan tak mengganggu lalu lintas.

Foto pertama di atas itu kuambil di sebuah tanah kosong yang luas, tak banyak bangunan di sekitarnya. Lega rasanya melihat ada hamparan tanah seluas itu, ada beberapa pohon ketapang di satu sisi, selebihnya hanya ilalang dan rumput ajeran yang berbunga putih kuning dan tanaman liar lainnya. Mungkin tanah seluas ini milik orang kaya raya he..he.., atau investor, kurasa luasnya ada deh sekitar 2 atau 3 hektar.

Saat lain lagi kulewati sebuah jalan dan terpaku pada pohon turi (Sesbania grandiflora) berbunga merah. Kembang dari pohon turi ini biasa dijadikan sebagai salah satu unsur makanan tradisional, yaitu pecel Madiun yang lezat. Nah, selama ini ketemunya hanya kembang turi putih. Jadinya aku berniat bila nanti polong biji turi yang seperti kacang panjang itu sudah tua akan kuminta pada pemiliknya, ingin ditanam di fasum kompleks. Pohon turi ini bisa tumbuh cukup tinggi, bisa sebagai pohon pelindung. Namun daun dan bunganya itu bisa disantap. Daun turi yang helaian daunnya mirip daun katuk itu pun kabarnya bermanfaat untuk pelancar ASI.

IMG_6425.JPG

IMG_6426.JPG

Bunga dari pohon markisa kuning (Passiflora flavicarva) , atau passion fruit ini juga tak sengaja terlihat di depan sebuah rumah. Suka sekali lihat bentuk dan warna bunganya yang unik.