Kalau dari Ranah Minang ada lagu Kampuang Nan Jauah di Mato yang mengisahkan kerinduan akan tanah kelahiran yang jauh, di Tapanuli ada lagu O Tano Batak yang bermakna sama. Bahasa dalam lirik lagu ini adalah bahasa Batak Toba. Lirik lagu O Tano Batak mengisahkan keinginan seseorang untuk kembali ke kampung halaman, tempatnya dibesarkan. Berikut lirik dan terjemahan lagu O Tano Batak.

O Tano Batak haholonganku (Oh Tanah Batak kesayanganku)

Sai namalungun do au tu ho (Aku rindu sekali padamu)

Dang molo modom dang nok matakku (Tak mampu tidur tak mampu menutup mata)

Sai namasihol do au Sai naeng tu ho (Selalu kuingin datang padamu)

 O Tano Batak sai naeng hutatap (Oh Tanah Batak selalu ingin kulihat)

Dapotononku tana hagodanganki (Ingin kudatangi tanah kelahiranku)

O Tano Batak andigan sahat (Oh Tanah Batak kapankah kujumpai)

Au on naeng mian di di ho sambulokki (Rindu ingin datang ke sana)

Molo dung biccar mata ni ari (Bila matahari bersinar;)

Lao panapuhon hauma i (Yang menyuburkan ladang)

Denggan do ngolu siganop ari (Hidup di sana sungguh nyaman)

Dinamaringan di ho sambulokki (sewaktu aku masih di sana)

 

Iya, ngaku deh memang lagi kangen dengan kampung halaman, dengan rumah kedua opungku.Terakhir ke Sumatera Utara itu 20 tahun lalu…., lama sekali kan. Tentu saja sudah banyak yang berubah. Di Medan tak ada lagi rumah opung, sudah dijual karena keturunannya tak ada yang menetap di sana. Di Sipirok juga tak ada lagi keturunan opung, rumah opung juga hanya ditinggali oleh saudara sepupu tingkat ke sekian, bahkan rumah yang dahulu rumah panggung kayu sudah berubah jadi rumah tembok. Renovasi rumah kayu itu ternyata sangat mahal ya, jauh lebih murah buat rumah bata.

Walaupun tak pernah tinggal lama di Medan dan Sipirok (8 jam perjalanan dari Medan), aku datang ke kedua kota itu hanya beberapa hari, rupanya akar budaya kita tetap ada di sana ya. Setiap mendengar lagu ini selalu ada rasa tercekat di tenggorokan, terkadang juga mampu meneteskan air mata, rindu suasana berkumpul dengan keluarga besar dan mendengarkan aksen bicara dan guyonan yang familiar. Mudah-mudahan dimudahkan rejeki dan langkah supaya bisa ke sana bersama keluarga.

Jadi apa yang membuat rindu suasana kampung halaman ketika tak ada lagi saudara yang dikenal di sana? Menurut anda?

Ini lagunya, instrumentalia dari Oom Trainer. Terima kasih banyak oom.