Bulan Ramadhan itu bulan yang sangat istimewa, bulan yang dinanti oleh umat muslim sedunia. Bulan penuh berkah ini juga disambut para ibu dengan menyiapkan hidangan yang sedikit lebih istimewa daripada hidangan sehari-hari. Ibu harus memikirkan menu yang pas agar  anak-anak tetap bersemangat menanti jam berbuka puasa. Anak-anakku suka berbuka dengan aneka  minuman segar. Paling gampang dan praktis buat es buah dengan berbagai variasi buah.

Jika mulai bosan dengan variasi es blewah campur kelapa muda saatnya melirik variasi minuman segar khas Nusantara.   Sebagian besar minuman segar ini dibeli di pedagang kaki lima yang dijumpai saat wisata mengukur jalanan beberapa waktu lalu.

Yuk kenali beberapa minuman segar untuk berbuka puasa di beberapa tempat di tanah air.

1. Es Selendang Mayang dari Jakarta

es selendang mayang

Bahan dasar pembuatan es selendang mayang ini cukup sederhana. Bahan-bahan yang dipakai adalah  bahan yang gampang ditemukan sehari-hari. Informasi bahan dan cara membuat es  ini kudapat dari bapak penjual  es selendang mayang di Kota Tua Jakarta. Bapaknya syik deh, mau diajak ngobrol dan cerita berbagi resep.

Es selendang mayang  asli Betawi jadul berisi potongan kue lapis. Kue warna-warni ini bisa  dibuat secara tradisional  dari tepung gula aren. Bila tak ada tepung gula aren bisa juga memakai bahan tepung  hunkwee.

Cara membuat kuenya yaitu dengan melarutkan tepung gula aren dengan sedikit air agar tidak menggumpal. Larutan ini kemudian dimasukkan ke dalam air mendidih.  Aduk terus hingga matang. Setelah matang, tuang ke wadah dan diamkan sampai dingin.

Untuk penyajiannya potongan kue lapis sagu aren ini  lalu disiram dengan santan masak. Di atasnya kemudian siramkan sirup  yang dibuat dari air gula. Tambahkan es batu supaya semakin segar.  Rasanya yang manis mampu menghilangkan dahaga dan mengembalikan energi yang hilang.

 

2. Es Pisang Ijo Dari Makassar

Sumber : resepmasakanlengkap.com

Es pisang ijo dan es pallubutung berasal dari Makassar. Dua jenis es ini adalah es favorit anak-anak.  Frekuensi menyantap es pisang ijo  di bulan Ramadhan ini adalah yang tertinggi bila dibandingkan dengan minuman segar lainnya ha.. ha..

Es pisang ijo terlihat jelas warnanya memang hijau, sedangkan es pallubutung tidak diwarnai dan tidak berselimut lapisan hijau.

Sudah banyak sih yang menjual es pisang ijo di  sekitar kami. Tetapi yang paling disukai adalah es pisang ijo dengan resep asli Makassar (karena penjualnya memang orang sana) yang memakai sirup ala rumahan. Dan yang paling menentukan lezatnya dari jenis pisang  kepok kuning yang matangnya sempurna.

Yang menjadi masalah sekarang adalah si ibu penjual es pisang ijo sudah pindah he… he.. jadi harus buat sendiri.  Jadi, buat posting ini sekalian cari resep es pisang ijo otentik he.. he… Ternyata membuatnya  dengan cara pisang dikukus lalu dipotong, tambahkan bubur sumsum kemudian sirap dengan sirup. Kalau ingin praktis pakai  sirup botolan juga enak.

3. Es Goyobod dari Garut

es goyobod garut

 

Apa itu  es goyobod, es campur khas Garut? Pertama kali mencicipi es goyobod ini  langsung di kotanya di  Garut setelah puas wisata belanja di pusat kerajinan kulit di wilayah Sukaregang.

Nama goyobod itu terdengar asing ya. Ternyata bahan pembuatnya sama seperti es selendang mayang. Goyobod dibuat dari tepung gula aren. Perbedaannya adalah es goyobod lebih  banyak isinya, namanya saja  es campur.

Cara menyiapkan es goyobod yaitu    sirop warna merah  dituang ke  dalam gelas saji. Lalu tambahkan  potongan goyobod yang terasa kenyal. Kelengkapan lainnya adalah  pacar cina, potongan  alpukat dan kelapa muda. Sesudah itu masih diambahkan  santan, lalu potongan  roti tawar dan es serut. Masih belum lengkap, jika suka bisa ditambahkan susu kental manis sesuai selera.

 

Sumber : sajiansedap.grid.id

Es cendol yang banyak dijajakan di sekitar kami  selalu pakai embel-embel es cendol Bandung.  Memang lebih istimewa rasanya dibanding es cendol biasa.  Isinya pun hanya cendol yang dibuat dari tepung beras, lalu disiram santan dan larutan gula merah. Minuman ini tetap jadi favorit banyak orang lho.  Setiap hari banyak orang yang antri.

5. Es Dawet Ayu dari Banjarnegara

es dawet ayu banjarnegara

 

Es dawet ayu Banjarnegara di luar daerah asalnya punya penampilan gerobak yang sama. Biasanya ada ornamen tokoh wayang di bagian atas rombongnya.

Es asal Banjarnegara, Jawa Tengah  ini pernah tampil di serial foto kuliner yaitu di Food Photo Story # 4 Jajanan Kaki Lima Populer.

Ingredien es ini  hampir sama dengan es cendol Bandung, ada cendol, santan dan larutan gula merah. Hanya kadang-kadang ditambahkan buah durian sebagai pelengkap. Rasanya  menyegarkan cocok sebagai minuman berbuka puasa.

6. Es Timun Serut dari Aceh

 

Sumber : okefoods.blogspot.co.id

Minuman satu ini juga sering sekali  dibuat di rumah kami. Malah aku  sudah mencicipinya sejak kecil di rumah opung. Hampir setiap hari ada es timun serut di rumah almarhumah  opung di Medan.  Walau sudah kenal sedari jaman dahulu kala he.. he…,  aku baru tahu belakangan  iini bahwa katanya asalnya dari Aceh.

Es timun serut  adalah minuman  yang juga  selalu ada di warung makan masakan asal Aceh. Masakan Aceh yang berbumbu dan berlemak  katanya bagus sekali dipasangkan dengan es timun serut. Es ini fungsinya untuk meluruhkan lemak dalam masakan Aceh.

Cara membuatnya gampang banget.  Mentimun segar dicuci bersih, kupas kulitnya dan kemudian diparut atau diserut. Serutan timun lalu  campur dengan es, tambahkan air gula bila suka. Tambah segar lagi bila diberi perasan air jeruk nipis atau lemon.

7. Es Cindua Langkok dari Bukittinggi

Cari-cari file foto asli es cindua langkok kok nggak ketemu ya. Nanti deh diupdate kalau sudah jumpa. Cukup sulit juga mencari file foto he.. he.. sementara ini pakai foto grid ini saja dulu.

Es cindua langkok ini bisa ditebak asalnya dari Minangkabau?. Kesempatan mencicipinya di kota Bukittinggi. Ingin cari tahu rasanya setelah membaca artikel yan ditulis oleh salah seorang teman blogger asal kota itu. Ingin pinjam fotonya di blog kok ya sama nggak ketemu juga.

Es cindua langkok artinya es cendol lengkap. Nah kan es cendol itu bisa ditemui di hampir banyak daerah di negeri kita ini. Tentu tetap saja ada perbedaannya masing-masing.

Untuk es cendol asal Minangkabau ini isi tambahannya adalah emping yang dibuat dari beras yang dipipihkan, yang disebut ampiang. Jadi ketika minum ada rasa kriuk keletek. Bagi yang tak biasa awalnya akan merasa aneh dan tak nyaman.

Penyajian es cindua langkok yaitu selain ada ampiang, kemudian gula aren encer  dan   cendol. Bisa juga ditambahkan lopis atau durian sesuai selera. Es cindua langkok ini bisa dicari di Los Lambuang Pasar Atas Bukittinggi ya.

Nah sudah ada beberapa pilihan minuman segar untuk berbuka puasa. Anda pernah mencicipinya? Atau bisa kasih informasi minuman alternatif lain untuk berbuka puasa. Boleh dong dibagi dkolom komentar.