Sate Maranggi Purwakarta

Suatu akhir pekan di bulan Maret lalu (.. posting telat banget ..) sekeluarga besar jalan ke Purwakarta, khusus mencari sate Maranggi. sate khas dari Purwakarta. Kami sekeluarga besar ramai-ramai mencari sate Maranggi, sekalian berkumpul merayakan ulang tahun, karena ada 6 orang yang bertambah umur di bulan yang sama.

Kebetulan juga ada saudara di kota Purwakarta yang kasih info tentang restoran sate Maranggi sekalian menunjukkan lokasi restoran yang nyaman. Wisata kuliner itu juga termasuk wisata suasana kan. Jadi kalau ada restoran menyediakan makanan enak di lokasi yang indah pasti patut dikejar bukan? Purwakarta itu masih bisa dicapai lewat jalan tol, jadi terhitung dekat dari lokasi tinggal kami.

Lokasi resto ini di pinggiran kota Purwakarta dan harus melewati perkampungan dan sawah. Kehijauan di sepanjang perjalanan  sangat memuaskan mata. Apalagi ketika sampai di lokasi dan melihat gaya penataannya yang ala pedesaan. Gubug ala Parahyangan dan Lombok di kelilingi oleh pohon besar dan tanaman yang ditanam tanpa pola semakin menonjolkan suasana kampung buatan.

Sate Maranggi terbuat dari daging sapi atau kambing yang dibumbui dengan kecap, sambal cabai hijau ditambah sedikit cuka lahang (cuka yang terbuat dari aren). Penyajiannya sate dimakan dengan saus kecap yang dilengkapi dengan irisan bawang merah dan tomat segar. Biasanya sate maranggi dihidangkan dengan ketan bakar, sambal oncom atau nasi timbel.

Rasa satenya empuk dan karena daging sudah dibumbui jadi terasa semakin gurih,  mirip rasanya dengan empal.  Sate dicocol dengan saus kecap pedas bikin makan tambah lahap.  Tentu tak hanya sate yang  dipesan, harus didampingi dengan makanan lain seperti sayur asem, karedok dan gurami bakar, yang semuanya sesuai selera. Datang dari jauh dan sampai di lokasi dengan perut kosong alhasil tak  ada yang disisakan di piring.

20140614-080551.jpg

20140614-080836.jpg

Resto SHSD
jl Terusan Kapten Halim no 99
Pondok Salam – Purwakarta
Telp 0264 8287777