Di Jakarta banyak rumah ibadah tua, salah satunya masjid yang sering kulewati ini. Masjid yang telah menjadi benda cagar budaya ini bernama Masjid Al Makmur, terletak di jalan Raden Saleh,kelurahan Cikini, kecamatan Menteng Jakarta Pusat. Masjid ini punya sejarah sangat panjang.

Nama jalan Raden Saleh memang mengambil nama pelukis besar Indonesia itu. Di daerah inilah dahulu ada sebidang tanah sangat luas milik sang pelukis. Ia mendirikan rumah besar bertingkat dua yang sampai kini masih berdiri dan menjadi bagian dari RS PGI Cikini. Musholla kecil di samping rumahnya itulah yang kini menjadi Masjid Al Makmur.

Setelah Raden Saleh, tanah ini dimiliki oleh keluarga Alatas yang kemudian dijual kepada sebuah yayasan milik Belanda untuk dibangun menjadi rumah sakit. . Musholla hendak dibongkar tetapi jemaah mempertahankan. Musholla yang waktu itu masih terbuat dari bambu digotong ke tepi sungai Ciliwung oleh para jemaah bersama-sama dengan tokoh-tokoh Islam yang tergabung dalam Syarikat Islam yaitu KH Mas Mansyur, HOS Cokroaminoto, dan Abi Kusno . Komite ini membuat lambang Syarikat Islam berupa bulan sabit dan bintang dan kalimat syahadat yang dipahatkan di atas pintu masuk (1924) yang masih terlihat sampai saat ini.

IMG_8480

 

Masjid Al Makmur Cikini

Masjid Al Makmur Cikini dari balik kaca gedung bertingkat

Masjid ini terletak di jalan raya yang  ramai perkantoran dan lalu lintasnya. Maka saat waktu shalat tiba masjid hampir selalu penuh dengan jamah yang berkantor di sekitar dan para pelintas sepertiku.

Bila bangunan ditetapkan sebagai cagar budaya  ada ketentuan untuk tidak merubah bentuk. Dikarenakan jamaah yang padat di bagian belakang masjid lama dibangun masjid baru yang bentuknya hampir mirip dan juga ada bangunan sekolah.

Masjid Al Makmur di Tepi Ciliwung

Masjid Al Makmur di Tepi Ciliwung

Bangunan  masjid ini berlantai dua berupa lantai mezzanin, tangga menuju lantai tambahan ini ada di pojok depan. Langit-langit yang tinggi ditambah pula  jendela dan pintu besar membuat suasana di dalam masjid nyaman, sehingga tak dapat dihindari ada saja orang yang tidur di karpet masjid, padahal ada larangan.

 

IMG_9022