Koala Kumal, drama komedi yang kutonton  bareng gadisku.  Nonton film komedi  bareng anak gadis ini jadi acara kencan berdua. Sudah lama rasanya   sibuk dengan urusan rumah yang ditinggal art, jadi perlu deh refreshing sekalian ngobrol dengan si gadis remaja. Film ini yang dipilih hanya karena 3 film lain di studio di Margo City sudah main beberapa saat, pilihan pas  biar bisa ketawa lepas.

Film Koala Kumal  berdasarkan buku berjudul sama karya Raditya Dika. Buku  terbit pada 17 Januari 2015. Kisah  di media cetak ini diakui sang penulis seluruhnya berdasar pada kehidupan nyata.  Judul Koala Kumal dipilih karena terinspirasi dari koala yang dikembalikan ke hutan tempat tinggalnya tetapi tak menemukan kondisi yang sama seperti dulu lagi ketika pohon-pohon masih rindang. Kurang lebih sama deh keadaannya seperti ketika mantan ingin balik tetapi dia sudah bukan orang yang sama seperti dulu lagi.

Menyebut mantan, memang  film ini berkisah tentang Dika (diperankan sendiri oleh Raditya Dika) yang patah hati karena calon istri Andrea (Acha Septriasa) meninggalkannya di masa persiapan pernikahan mereka. Patah hati yang membuat Dika tak mampu menyelesaikan bukunya sampai setahun pun lewat. Makin tambah galau deh Dika karena didesak terus oleh editor (Adi Sasono). Sampai suatu ketika tak sengaja bertemu Trisna (Sheryl Seinafia) yang mengajak Dika datang di acara klub bukunya. Trisna  agak memaksa membuat berbagai cara supaya patah hati sembuh kemudian  Dika move on dan mampu menulis lagi. Adegan kocak  dan sebagian konyol  gaya slapstick pun muncul, mulai dari  bakar barang-barang dari mantan, mengacaukan acara pidato pacar baru sang mantan, dan  coba-coba ikut biro jodoh.

Film genre drama komedi  ini  peran  Raditya Dika sangat besar. Dia sebagai sutradara, penulis skenario dan pemeran utama. Tapi ekspresinya  masih agak lempeng ya he..he.. yang keren sih Sheryl Seinafia yang sekaligus menyanyikan theme song. Film ini menghibur memang dalam arti mampu membuat penonton tertawa terpingkal-pingkal. Bahkan sangking serunya rombongan di seberang kami  tergelak sambil menghentakkan kaki  nggak bisa tahan degan kelucuan ekspresi wajah Dika.
Dialog film ini ada juga yang  berkesan  positif, tapi lupa euy tepatnya  he..he.. dan memandang patah hati dengan sudut yang berbeda. Film ini  tak biasa endingnya, nonton sendiri saja ya, tak usah dibeber di sini kan filmnya masih diputar di bioskop.  Banyak artis terkenal masa lalu dan masa kini yang  muncul sebentar, juga para  comica dan youtubers cukup mewarnai film ini. Menyebut beberapa di antaranya  Cut Mini dan Dede Yusuf sebagai orang tua Dika, Lidya Kandouw sebagai orang tua Andrea, juga ada nama Ernest Prakasa, Jessica Mila, Kevin Julio.