Sebuah kesempatan langka bisa berkumpul dengan teman-teman lama masa SMA, tentu saja  karena semua sudah sibuk dengan keluarga dan kehidupan masing-masing. Alhamdulillah, kami  berlima dengan seijin keluarga bisa kumpul bersama  lagi. Bertepatan dengan seorang teman yang bermukim di    Jogja datang, jadilah  sekalian aja berkumpul  sambil  jalan ke Lembang. Kami berlima nggak buat rencana banyak sih, hanya pengen bareng dan pengen cuci mata di tukang kembang di seputaran Lembang yang sejuk (misalnya ke Kebun Begonia Lembang). Nah ngobrol serunya ya di mobil. Kumpul berlima nggak ada habisnya cerita, dua jam di jalan terasa berlalu  sangat cepat sekali.

Ide ngeblogku kebanyakan memang dari apa yang kulihat saat jalan, seperti kata penulis tamuku di  , Mendapatkan Ide Tulisan Blog, jadi yuk kubagi saja  cerita cuci mata dengan bunga-bunga cantik.

Sampai di Lembang jam 9 pagi,  sengaja  mampir sebentar di Pasar Buah Lembang, sudah pasti tak lupa beli buah-buahan segar yang berlimpah di sana. Dan disempatkan  dahar ketan bakar sambal oncom yang lembut di warung di bagian depan pasar. Tak cukup ketan bakar yang dikerubungi berlima,tak lupa sekalian pesan mi kocok dong, mumpung di tempat asalnya. Disempatkan  juga sih ke Floating Market.., ntar terpisah sajalah ceritanya.

Kebun Begonia Lembang

 

Nah, jalan selanjutnya ya cari kembang deh. Rasanya siapapun  nggak akan cukup puas hanya dengan melihat bunga-bunga cantik yang dijual di sepanjang jalan. Udara sejuk pegunungan di Lembang ini memang cocok untuk menanam bunga-bungaan. Bunga terlihat berwarna lebih cerah dengan daun hijau yang menampakkan tanaman yang sehat. Kami coba googling karena katanya ada pusat penjualan kembang yang luas di daerah sini.  Dapatlah beberapa nama, yang bikin bingung menentukan pilihan, dan akhirnya bersepakat ke  Kebun  Begonia, di Maribaya.

topi "kebun begonia lembang"

Jarak Lembang – Maribaya tak terlalu jauh, kira-kira 10 menit bermobil. Tiket masuk Kebun Begonia dipatok  seharga Rp 10.000,- per orang. Tiket masuk ini yang nantinya bisa ditukar dengan welcome drink di gazebo dekat pintu masuk. Di halaman parkir pun sudah melihat tanda-tanda keberadaan kebun bunga. Halaman parkir tak luput berdandan cantik, ada bunga di mana-mana. Pengunjung masuk melewati sebuah  gerbang kecil berhias bunga-bunga daisy. Di lahan parkir di halaman  depan toko bisa lihat pot-pot gantung berisikan bunga musiman Petunia. Langsung berseru senang melihat cantiknya bunga-bunga bermekaran.  Aduuuh siapa sih yang nggak tertarik lihat hamparan bunga berwarna cerah   menyolok yang banyak sekali seluas mata memandang? Kumpulan banyak bunga ini tentu saja membuat pemandangan indah menawan.

Di pintu masuk ini disediakan juga topi pandan, yang sangat berguna  melindungi kepala pengunjung dari teriknya matahari di siang hari  itu. Pengunjung boleh memakai topi ini di kebun dan harus mengembalikan lagi ke tempatnya saat akan meninggalkan kebun.

Kebun ini tak terlalu besar, paling tidak ukurannya jauh lebih kecil dari Floating Market he..he.. tetapi ditata apik. Biar kecil tetap cantik menarik.

Bernama Kebun Begonia Lembang tentu saja kebun bunga ini didominasi dengan bunga Begonia. Begonia ini sudah  dikenal sejak lama di tanah air. Rasanya yang banyak kulihat sebelumnya hanya Begonia berwarna oranye pucat. Di Kebun Begonia Lembang ini yang tampil adalah Begonia merah cerah dan pink cerah.

 

 

Begonia ditanam dalam pot-pot  plastik dan polybag, dikelompokkan dalam jumlah banyak membentuk formasi, selang-seling dengan tanaman lain, seperti marigold kuning yang  mirip kembang tembelean tapi berbau wangi, bunga matahari, rumput Australia (info dari perawat  tanaman), lalang cantik, petunia, daisy, snapdragon, dll. Sayangnya tak semua kelompok tanaman diberi tanda pengenal, jadi harus tanya pada pengurus kebun, karena banyak juga tanaman yang baru pertama kalinya dilihat.

Daisy "Kebun Begonia Lembang"

 

 

Selain bunga, di lahan terpisah ditanami dengan selada, broccoli, yang juga baru pertama kali kulihat tanaman aslinya, juga ada kafe, dan penjualan tanaman jadi dan benih tanaman dalam kemasan. Di toko itu bapak penjaga menunjukkan beberapa macam bunga yang bisa dikonsumsi, salah satunya Begonia. Kucicip helai bunga Begonia yang ternyata rasanya agak asam manis.
Kebun Begonia
Jalan Maribaya No. 120 A, Lembang, Bandung

Telepon: 022 2788-527 HP: 081-2220-0202

http://kebunbegonia.com