photo(4)

Ini adalah kartu pos dari Avant Garde / @isna_saragih, pemenang Turnamen Foto Perjalanan 34 : Kampung di blog ini. Dia sekaligus menjadi host TFP : 35. Dia juga salah satu penggiat post crossing, ajang pertukaran kartu pos ke seluruh dunia, pastilah dia punya banyak kartu pos. Terima kasih banyak Isna, kartu pos cantik sekali, pilihan yang tepat untukku nih, he..he…

Foto di kartu pos itu adalah suasana sebuah kampung di sekitar Danau Toba. Sama seperti Isna, aku juga belum pernah ke sini, ke kampung yang menurut cerita turun temurun adalah asal usul seluruh orang Batak. Di sinilah di Pusuk Buhit di desa bernama Sianjur Mula-mula ini tinggal nenek moyang kami itu, Si Raja Batak.

Aku dulu pernah baca silsilah orang Batak ini dari buku Toga Harahap punya opungku dari pihak mama. Sayang sekali buku ini tak ada lagi di antara buku peninggalan opung, sudah rusak. Di Wikipedia rupanya ada lho pohon keluarga (Tarombo ) orang Batak ini. Jadi aku bisa lihat lagi silsilahnya. Siregar adalah turunan keempat atau cicitnya si Raja Batak, setingkat dengan marga Harahap atau saudara sepupu. Marga Batak lainnya pun bisa dilacak asal muasalnya dengan tarombo ini.

Di pojok kanan bawah kartu pos ini terlihat deretan rumah tradisional suku Batak. Atap rumahnya mirip tanduk dan bentuknya memanjang ke belakang, berbeda ya dengan rumah bagonjong di Minangkabau yang melebar ke samping.

Gara-gara kartu pos ini kepengen deh suatu saat menjelajah pulau Samosir dan Danau Toba.