Kamboja Kering "Plumeria"

Beberapa pagi ini baru kuperhatikan ada ibu atau bapak tua memunguti bunga kamboja yang jatuh di tanah. Kebetulan salah satu tetanggaku punya banyak kamboja jenis Plumeria di sekitar rumahnya. Tetangga memang sengaja menanam untuk keperluan ibadah. Karena pohonnya banyak, tentu bunga yang gugur juga banyak dan tak dipakainya semua untuk ritual berdoa. Ibu sebelah sengaja menyapu dan mengumpulkan bunga-bunga gugur itu untuk memudahkan yang mau mengambil.

Ketika kutanyakan ternyata bunga-bunga kamboja ini setelah dikeringkan di bawah sinar matahari bisa dijual ke pengepul. Kabarnya harganya cukup tinggi, mencapai puluhan ribu per kilogramnya Bunga kamboja kering ini akan disuling dan menghasilkan minyak atsiri. Minyak atsiri dari kamboja kabarnya merupakan salah satu kandungan obat nyamuk.

Dari Wikipedia dikatakan minyak atsiri atau minyak eteril atau minyak esensial atau minyak terbang (volatile oil) atau minyak aromatik adah kelompok minyak nabati yang berwujud cairan kental pada suhu ruang namun mudah menguap sehingga memberikan aroma yang khas. Minyak atsiri merupakan bahan dasar dari wangi-wangian atau minyak gosok (untuk pengobatan) alami.

Anugrah luar biasa bukan yang diberikan alam pada kita. Semoga kamboja kering ini bisa menambah pemasukan rejeki sebagai uang tambahanΒ  untuk keluarga si ibu pengumpul yang rajin berkeliling setiap pagi dari rumah ke rumah.

Selain kamboja tanaman yang juga menghasilkan minyak atsiri antara lain adas, cengkeh, kayu putih, mawar, kenanga, sereh dan lain-lain yang dipakai sebagai bahan baku parfum atau aromaterapi.