Kain Kapal Lampung

Di berbagai tempat di Lampung banyak ditemui ragam hias tradisional. Motif tradisional itu  tak hanya ada  di atas kain. Motif khas itu diadaptasi menghiasi  sudut-sudut gedung-gedung perkantoran, pagar  rumah penduduk atau bahkan di persimpangan jalan dan jembatan penyeberangan. Ragam hias cantik dan unik  ini ada yang diambil dari motif Tapis atau Kain Kapal Lampung.  Motif  Kapal ini  khusus karena tidak dipakai sebagai  ragam hias pemanis busana. Untuk busana warga Lampung memakai kain Tapis dengan motif  yang berbeda.

Ragam hias yang disematkan pada berbagai tempat di jalan itu tak hanya dari Kain Kapal. Ada corak yang  diambil dari bentuk tutup kepala pengantin pria dan  tutup kepala pengantin wanita yang dinamakan Siger.  Siger sebagai simbol propinsi Lampung karena gampang ditemui di mana-mana, bisa disamakan dengan atap bagonjong yang merupakan penanda dari Minangkabau.

 

Jenis Kain Kapal Lampung

Kain Kapal

Kapal  adalah bagian penting dari kehidupan masyarkata Lampung.  Batas propinsi Lampung di barat, selatan sampai ke timur adalah laut. Selain itu di Lampung juga banyak sungai besar. Tak heran kapal atau perahu adalah sarana yang digunakan sehari-hari untuk  transportasi dan berniaga.

 

Di bawah ini  bisa dilihat  motif Kain Kapal yang sudah dikembangkan dan dijadikan penghias dinding atau dijadikan motif batik Lampung.  Kain-kain ini difoto saat acara Pameran Akulturasi Cina – Indonesia di Museum Nasional, Jakarta. Kain adati ini adalah koleksi Museum Nasional. Foto hanya memakai telepon genggam, agak sulit karena kain-kain ini diletakkan dalam kotak kaca. Pantulan sinar jadi penghalang, akibatnya kurang fokus, mohon dimaafkan.

1. Tampan atau Nampan

Tampan - Lampung (Pameran Akulturasi Cina - Indonesia)

Tampan – Lampung
(Pameran Akulturasi Cina – Indonesia, Museum Nasional)

Kain Tampan  adalah kain kapal yang ukuran  panjangnya biasanya kurang dari satu meter. Tampan  biasa digunakan sebagai penutup atau pelapis nampan. Tentu kain cantik ini bukan untuk pelapis nampan sehari-hari tetapi untuk menutupi  nampan  seserahan pada acara lamaran maupun pernikahan di Lampung.

2. Tatibin.

Panjang  kain Tatibin biasanya satu meter. Kain ini   digunakan sebagai hiasan dinding. Tatibin kadang-kadang juga digunakan sebagai penutup seserahan.

Tatibin - Lampung (Pameran Akulturasi Cina - Indonesia)

Tatibin – Lampung
(Pameran Akulturasi Cina – Indonesia, Museum Nasional)

3. Pelepai

Pelepai ini adalah kain kapal yang paling panjang. Panjangnya biasanya sampai tiga meter. Kain Pelepai  ini dipakai sebagai hiasan dinding untuk acara adat. Umumnya kain Pelepai  hanya dimiliki oleh sesepuh adat.

Batik Kapal Lampung "motif kapal Lampung"

Motif Kapal untuk kain batik Lampung

Motif kapal Lampung juga diartikan merupakan  sebuah lambang perjalanan hidup manusia sejak  dari lahir sampai saat menutup mata selama-lamanya.  Kapal juga diartikan  sebagai perlambang kehidupan manusia yang senantiasa bergerak dari satu titik ke titik tujuan.

Bagian dari Kain Kapal

Kain Kapal biasanya terdiri dari tiga bagian yaitu motif border, motif utama dan motif pengisi.

1. Motif border Kain Kapal

Motif border biasanya terdiri dari satu, dua sampai tiga lapis dengan motif yang berbeda antar lapisan.

2. Motif Utama

Kemudian yang kedua adalah motif utama, motif utama ini biasanya terdiri dari kapal, rumah, manusia dan berbagai jenis hewan dan tumbuhan. Motif ini mengisi bagian utama dari kain kapal.

3. Motif Pengisi

Motif  pengisi, yang  mengisi daerah-daerah kosong di antara motif utama. Motif jenis ini juga bisanya berbentuk segitiga, kotak dan helaian pakis atau  motif lain-lain.

Kain yang dipakai sebagai busana di Lampung disebut kain Tapis.  Tapis adalah kain asal Lampung yang berbentuk kain sarung. Biasanya kain berwarna hitam, tetapi kini kain Tapis sudah beradaptasi sehingaga lebih beraneka warna. Kain yang disukai  mulai dari warna merah, hijau, ungu dan lain sebagainya. Kain Tapis dibuat dari tenunan benang kapas. Di atas kain polos ini dihias  dengan motif hias memakai benang penang perak atau benang emas. Motif ini disulam di atas kain. Motif kain Tapis umumnya  berasal dari alam seperti tumbuh-tumbuhan dan fauna.

Kain Kapal dari  Lampung dan kain Tapis ini banyak disukai orang.  Kain Kapal kini  sudah lazim   dipakai sebagai salah satu ornamen  pemanis sebuah ruangan yang dijadikan sebagai  penghias dinding di rumah atau kantor.