Ternyata ya Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sudah meresmikan keputusan ( 14 Desember 2012 ) yang menyangkut kekayaan kuliner indonesia. Dari Femina no 02/XLI kubaca  sudah diputuskan ada 30 jenis masakan dari berbagai tempat yang akan dijadikan ikon kuliner Indonesia.

Keputusan ini dibuat oleh para ahli di bidang kuliner, akademisi dan penulis, antara lain William Wongso, Bondan Winarno.. Ide dicetuskan oleh bu mentri Mari Elka Pangestu untuk mendorong perekonomian kreatif dan agar makanan kita lebih dikenal luas.

Siapa sih yang tak bangga kalau kekayaan kita dikenal orang banyak di seluruh dunia ? Sewaktu rendang dipilih sebagai makanan terlezat beberapa waktu lalu saja kita antusias sekali bukan? Apalagi kalau lebih banyak lagi yang dikenal. Katanya karena banyaknya variasi masakan dari seluruh daerah membuat agak susah maju ke depan untuk bersaing dengan masakan dari negara lain. Makanya dipilih dulu 30 makanan ini, dicari resep aslinya agar ada standardnya dan disajikan dalam berbagi acara internasional.

Tahap awal memang baru beberapa jenis masakan saja, terbanyak memang masih masakan dari pulau Jawa dan Sumatera, tetapi nanti perlahan-lahan akan ditambah lagi. Jadi jangan berkecil hati ya teman, masakan Tapanuli juga nggak ada kok.

Salah satu ikon itu  adalah Asinan Jakarta (seperti foto di atas, asinan Jakarta yang tersaji  sewaktu kopdar dengan Una dan Niee di Sarinah).Ini dia 30 jenis makanan yang terpilih.

  1. Ayam Panggang Bumbu Rujak Jogjakarta
  2. Gado-gado Jakarta
  3. Nasi Goreng Kampung
  4. Serabi Bandung
  5. Sarikayo Minangkabau
  6. Es Dawet Ayu Banjarnegara
  7. Urap Sayuran Jogjakarta
  8. Sayur Nangka Kapau
  9. Lunpia Semarang
  10. Nagasari Jogjakarta
  11. Kue Lumpur Jakarta
  12. Soto Ayam Lamongan
  13. Rawon Surabaya
  14. Asinan Jakarta
  15. Sate Ayam Madura
  16. Sate Maranggi Purwakarta
  17. Klappertaart Manado
  18. Tahu Telur Surabaya
  19. Sate Lilit Bali
  20. Rendang Padang
  21. Nasi Tumpeng
  22. Orak Arik Buncis Solo
  23. Pindang Patin Palembang
  24. Asam Padeh Tongkol Padang
  25. Nasi Liwet Solo
  26. Es Bir Pletok Jakarta
  27. Kolak Pisang Ubi Bandung
  28. Ayam Goreng Lengkuas Bandung
  29. Laksa Bogor
  30. Kunyit Asam Solo

Kalau menurut teman selain daftar di atas,  masakan apa yang sekiranya cocok dijadikan ikon ? Aku suka garang asem seperti  di Warung Tekko., juga sup ikan kuah asam dari Manadao,  rasanya yang agak pedas asam segar  bisa menyaingi sup Tom Yam dari Thailand.