RM Medan Baru

Dulu ogah banget deh makan kepala ikan, geli lihat wajah ikan he..he… lebih pilih makan bagian ekornya.  Padahal kalau ada acara kumpul keluarga saudara-saudaraku berlomba menandaskan kepala ikan. Terlambat banget deh aku tahu kelezatan  kuliner Nusantara bernama Gulai Kepala Ikan. Perubahan arah menjadi suka  itu juga terjadinya karena suami pulang ke rumah bawa oleh-oleh Gulai Kepala Ikan Kakap dari RM Medan Baru Sunter, Jakarta Utara. Nah, karena suami yang bawakan terpaksa dicoba, manalah berani awak menolak.  Lain kali tak maunya lagi dia bawa oleh-oleh tanda ingat. Dan ternyata ……. ya ampuun enaknya…. daging bagian kepala ini lembut dan tak amis, kuah gulai kaya dengan rasa aneka asam-asaman yang jadi rasa khas kuliner Medan.

RM Medan Baru ini rumah makan yang menyajikan masakan Padang. Kalau kubilang sih  cita rasanya nggak real Padang tapi lebih ke selera  Medan atau Sumatera bagian Utara pada umumnya, termasuk rasa Aceh juga. Rasa makanannya  terasa spicy, agak lebih ringan dan segar karena memakai jenis asam tertentu dan aneka rempah yang khas dipakai pada kuliner Aceh dan Melayu. Cara membawa piring dan menyajikan di meja  sama seperti kebiasaan di rumah makan Padang.

Masakan yang disantap saat itu adalah hidangan favorit di rumah makan ini Gulai Kepala Ikan Kakap, Burung Goreng, Sayur Daun Labu dan Pacri Nanas. Gulai Kepala Ikan Kakap ini nikmat sekali, paduan pas dari aneka bumbu dasar gulai ditambah asam kandis dan belimbing wuluh (kalau tak salah terka), agak asam dan tak terlalu pedas. Yang membuat kalap makan kepala ikan yaitu bisa menyesap gurihnya bumbu yang meresap di tulang kepala,  sambil menyeruput kuah gulai.  Daging di bagian ini pun terasa lebih manis. Hidangan khas lainnya adalah sayur gulai daun labu siam, jadi ingat makan di kampung he..he…. Paduan yang pas ditambah dengan sambal lado mudo.

Masakan khas Melayu yang istimewa yang sudah lama tak kucicip yaitu Pacri Nanas. Sudah pernah mencicipi sayur nanas? Unik kan  buah nanas kok disayur.  Nanas direbus lalu ditumis dengan bumbu. Nanas jadi terasa agak pedas dan  terasa aroma rempahnya karena selain memakai cabe dimasak dengan cengkeh, kayu  manis, dll.

Restoran Medan Baru ini  sebuah rumah makan yang sudah cukup lama berdiri, kini di Jakarta ada di dua lokasi, yaitu di Pasar Baru Jakarta Pusat dan di Sunter, Jakarta Utara.  Kedua tempat ini sudah kucoba, tapi menuruku kok lebih enak yang di Pasar Baru.  Bangunan restorannya sendiri  hanya ruko  biasa, tak banyak ornamen,  sederhana dengan tatanan rumah makan Padang  pada umumnya yaitu dengan jendela display di bagian depan. Saat makan siang rumah makan ini selalu dipenuhi para penggemarnya, kadang harus bersabar menunggu giliran meja kosong. Cuma, untukku sih jangan sering-sering makan di sini, cukup menguras dompet  dibandingkan makan di rumah makan Padang lainnya. Bolehlah sesekali untuk melepas selera he..he…

Alamat:

Jl. Krekot Bunder No. 65, Pasar Baru, Sawah Besar,  Jakarta Pusat

Komp. Griya Inti Sentosa, Jl. Griya AgungBlok N 3/18 No. 62, Sunter Agung, Jakarta Utara