Gotochi is a Japanese word means local. But now  to postcards collectors gotochi means  a shaped postcard, it takes the shape of its picture. Each prefecture in Japan has its own gotochi designed and realesed by the Postal System. What make gotochi so special are they have a cartoon picture of the objects (such as castles, famous people, local dishes, costumes etc) and the name of the place depicted. The gotochi much more expensive then the regular postcards.  I just received 3 gotochis, one from Shizuoka ,   which depicted Tokugawa Ieyashu, a famous shogun from the 17th century.  The other 2 are  famous characters  gotochi, Hello Kitty and Little Twin Stars. The three gotochis sent by my cousin in Japan.

Gotochi From Japan

Alhamdulillah dapat kiriman dari Jepang, 3 lembar gotochi dari adik sepupuku.  Sari Jeruk atau Junita Sari Siregar pemilik blog A Housewife’s Day Out  yang sedang belajar di Shizuoka Jepang menghadiahkannya. Selain itu ditambah dengan3 buah kartu pos dari Tokyo pilihan kakak sepupu yang datang menengok adik kami itu. Semuanya ini dikirim kakak setelah sampai kembali di Jakarta. Terima kasih ya Nit dan kakak.

Gotochi saat ini sedang populer dan menjadi incaran kolektor kartu pos atau pun para pelaku postcrossing. Gotochi atau shaped card adalah kartu pos yang berbeda dari kartu pos yang selama ini dikenal. Ia unik karena bentuknya bukan standard kartu pos yang persegi tetapi bermacam-macam sesuai bentuk gambarnya. Pertama kali menerima kartu pos dengan wujud tak biasa itu dari teman blogger Haya Nufus, yang mengirimkan kartu pos berbentuk peta negara pulau Madagascar.

Nah ini dia penampilan gotochi dari Shizuoka, tempat Junita tinggal, tak jauh dari Tokyo. Aku dapat gotochi bergambar Tokugawa Ieyashu, nama yang sangat familiar deh, karena dulu nama ini disebutkan di pelajaran sejarah dunia. Sedikit menyegarkan ingatan sejarah Jepang, Tokugawa Ieyashu adalah shogun pertama dan yang menyatukan Jepang yang sebelumnya dikuasai oleh pendekar-pendekar lokal yang saling berperang memperebutkan wilayah. Tokugawa Ieyashu meninggal di Shizuoka pada 1616.

Ada juga gotochi lucu Hello Kitty  dan Little Twin Stars pilihan dari keponakan cantikku yang ikut mamanya sekolah di Jepang, terima kasih juga sayang.Gotochi from Japan 2

 

Gotochi itu sendiri berasal dari bahasa Jepang yang artinya lokal. Kini kata gotochi merujuk pada kartu pos yang diterbitkan oleh kantor pos dari masing-masing wilayah di Jepang. Bentuk dan gambarnya disesuaikan dengan kekayaan dan kekhasan lokal. Contohnya antara lain bisa berupa kuliner setempat, kostum, monumen, pemandangan dll dengan desain dan warna yang memikat. Yang menjadikannya patut dimiliki yaitu kartu pos masing-masing perfektur berbeda dan selalu ada desain baru setelah beberapa waktu. Karena itu gotochi berharga lebih mahal dan biaya perangko pengirimannya pun lebih mahal daripada kartu pos umum.

Postcard from Japan

 

 

Dari Tokyo aku dibawakan kartu pos yang menggambarkan ciri khas ibukota negara Jepang itu, sisi modern dan tradisional. Di sebelah kiri kartu pos yang menampilkan wajah Shibuya. Keterangan di  kartu posnya menyebutkan Shibuya adalah daerah trend setter fashion, seni, budaya dan musik. Kartu pos yang di tengah gampang dikenali kan obyeknya? Gunung Fuji yang termasyhu dengan latar depan bunga sakura bermekaran. Sedangkan kartu pos terakhir adalah Osaka-jo Castle di waktu malam.  Cantik semua ya kartu posnya, jadi kepengen ke Jepang deh.