Menulis nama kota yang satu ini agak membingungkan, Jogjakarta atau Yogyakarta? Rasanya kedua cara penulisan ini seimbang pemakainya. Pertama kali ke Jogja itu sewaktu acara study tour dari sekolah, kelas dua SMA waktu itu, setelah itu ada 3 kali lagi datang ke kota ini. Yang terakhir bersama keluarga , dua tahun yang lalu. Biarpun sudah beberapa kali datang, tetapi masih banyak tempat yang ingin dieksplorasi. Jogja itu tak membosankan.

Agak susah juga cari fotoku di Jogja, he..he.., kebanyakan foto jadul sih…. Tapi, akhirnya untuk kontes  yang diadakan oleh Jogja Circles dengan tema “Me and Jogja”.  kupilih foto berlokasi di Istana Air Taman Sari. Kompleks Taman Sari   terdiri dari beberapa bangunan yang masih berada di lingkungan keraton Jogjakarta. Taman Sari sekarang sudah tertata rapi, air di kolamnya  biru jernih. Taman Sari itu tempat rekreasi keluarga kerajaan masa itu (dibangun di jaman Sultan Hamengku Buwono I – tahun 1758 ) dan juga sebagai benteng pertahanan terhadap musuh.

Di gerbang masuk Taman Sari ada candra sangkala, ukiran perlambang berbentuk tanaman atau hewan yang menandakan tahun pembuatannya. Info ini diterangkan oleh pemandu dadakan dari penduduk setempat.

Taman Sari Jogjakarta