Gabus Pucung dan Pecak Nila

Khasanah kuliner tanah Betawi tak hanya soto, ketoprak dan asinan tetapi juga  jenis makanan yang memakai ikan sebagai bahan utamanya. Gabus pucung atau pucung gabus, sebutannya  sering dibolak balik begitu, adalah makanan khas Betawi. Melihat namanya sudah pasti bahan utamanya adalah ikan gabus / haruan / bado (Channa striata), ikan air tawar  yang berdaging tebal dan gurih. Sedangkan pucung itu adalah nama lain dari kluwak atau kluek. Nah, karena  bumbunya pakai kluwak sudah pasti  menghitamkan kuah, persis sama dengan rawon. Sebelumnya menyangka makanan berkuah hitam dalam kamus kuliner Indonesia  itu hanyalah the one and only, rawon. Tak taunya di dapur kuliner Betawi ada Gabus Pucung,  jadi ada dua makanan yang  berkuah hitam nih, seolah-olah gabus pucung kembar sama rawon dari Jawa Timur. Bedanya bahan utama rawon adalah  memakai daging.

Waktu itu setelah raun di daerah Bekasi, sengaja mencari warung Gabus Pucung, yang jaraknya terbilang dekat dari Taman Kota Bekasi.   Nggak pakai lama, kami sudah sampai di  warung Gabus Pucung Bu Nana. Warung bu Nana ini terletak , di jalan Sudirman no 15, Bekasi. Warungnya gampang  banget dicari. Patokannya jika dari pintu keluar tol Bekasi Barat mengarah ke  jalan layang Summarecon, di depan GOR belok kiri,  lalu berputar di u-turn kedua, ketemu deh dengan  Warung Gabus Pucung Bu Nana. Warung permanen ini sederhana, tetapi bersih dan terang. Perlengkapan warung hanya meja dan kursi biasa, etalase kaca dengan display ikan goreng, tahu tempe, bakwan udang, dll. Di dindingnya dipajang  pigura potongan koran yang mengulas warung makan ini. Saat itu pengunjung tak ramai, hanya ada sepasang tamu lain.   Tak jauh dari warung ini ada juga Warung Lukman, kapan-kapan mau coba yang di situ juga ah.

Memang diniatkan makan siang di warung gabus pucung itu karena  masih penasaran dengan cerita orang tentang kelezatannya. Saat  cicipan pertama dulu, lidah masih tak terbiasa, hanya mampu mengecap rasa pahit dari pucung. Eh kali kedua ini mulai menemukan di mana titik sedapnya.  Kuah hitam itu terasa sedikit pedas  namun segar disertai rasa pahit kluwek yang samar, dan daging ikan gabus pun terasa lebih gurih.

Cari-cari info  ingin tahu  resep dan cara memasaknya, ternyata bumbu  gabus pucung  itu terdiri dari cabai merah, duo bawang, kencur,  lengkuas, kunyit dan terasi  yang dihaluskan.  Bumbu-bumbu halus ditumis lalu masukkan kluwek, salam dan sereh.  Tambah air dan direbus sampai mendidih lalu masukkan  gabus  yang sudah digoreng. Kelihatannya gampang ya cara masaknya, tapi coba kalau masak sendiri, takut cempal rasanya.

Selain gabus pucung, kuliner berbahan ikan di dapur Betawi ada pecak ikan (ikannya bisa pilih lele, nila, atau gurame, ikan mas, dll).   Biasanya memang di mana ada gabus pucung di situ juga ada  masakan pecak. Masak pecak ini ikan goreng ditaburi bumbu yang ditumbuk kasar yaitu campuran kacang tanah goreng, cabe, bawang, jahe, jeruk limau. Pecak pun sama enaknya. Nggak rugi deh jelajah kuliner sesekali.