Karena dapat sms promosi  Festival Kuliner Kampung Banjar di Summarecon Bekasi, langsung ingat masa-masa tinggal di Kalimantan Timur. Jadi  kangen soto Banjar, soto dengan kuah bening yang menyegarkan.

Suku Banjar aslinya dari propinsi tetangganya, Kalimantan Selatan, karena berdekatan nggak heran  selera kulinernya ikut menyebar seiring dengan pergerakan masyarakatnya.  Acara berlangsung  sebulan sejak 23 September. Kami baru sempat datang di minggu kedua, Oh ya buat para petualang kuliner festival ini masih akan  berlanjut sampai tanggal 18 Oktober

Kampung Banjar-Rumah Adat Banjar

 

Tampaknya penyelenggara sudah cocok dengan festival kuliner gaya Nusantara untuk meramaikan mal . Dari tahun ke tahun tema festival  berganti-ganti. Seperti festival sebelumnya, kali inipun area festival berhias dengan tema rumah tradisional. Kali ini bertema bangunan Banjar. Panggung acara kesenian, gerai makanan semuanya bernuansa Kampung Banjar dengan rumah adatnya, perahu dan tugu. Tujuan utama cari Soto Banjar, alhamdulillah tercapai, walau rasanya kok nggak semaknyus di tempat asalnya he..he… Hidangan Banjar lainnya yang kulihat hanya ada Nasi Kuning Banjar dengan aneka lauk tambahan Masak Habang, juga katanya  ada es kelapa muda Banjar (nggak ketemu), sayangnya nggak ada gerai  aneka wadai (kue kecil khas Banjar, misalnya amparan tatak). Gerai lain diisi aneka makanan populer dari berbagai daerah, ada dari Medan, Bangka Belitung, serabi Notosuman, dll.

Menarik lihat dekorasi rumah adat Banjar. membawaku googling dan ketemu gaya rumah adat yang dipakai di  sini ada 3 macam, namanya rumah adat Bubungan Tinggi, Banjar Bangun Gudang dan Palimbangan. Sayangnya di lokasi tak terlihat penjelasan mengenai kekhasan rumah adat ini, jadi hanya bisa menebak nama rumah adat dengan foto yang kubuat. Maunya sekalian ada informasi ya.

IMG_9758-0.JPG


 

 

 

Kalimantan Selatan sudah terkenal dengan sungai-sungainya yang besar dan panjang, perahu jadi andalan transportasi, bahkan sudah sangat dikenal pasar terapungnya di mana penjual dan pembeli bertransaksi di atas perahu. Makanya ada formasi perahu dengan meja bangku di dalamnya  untuk pengunjung menikmati hidangan pilihannya. IMG_9705.JPG