Hari panas memang  paling asyik minum es yang dingin,  tenggorokan rasanya jadi lega,  adem.  Di Garut ada es campur unik, namanya Es Goyobod. Es Goyobod ini  salah satu kuliner khas Garut. Nama goyobod ini terdengar asing di telingaku.  Kalau sudah begini biasanya naluri blogger yang suka ingin tahu he..he.. langsung keluar, dan harus cari informasi. Untungnya sang penjual ramah banget dan mau cerita.

Dari ngobrol dengan si ibu  penjual Es Goyobod di sentra industri kulit di wilayah Sukaregang, Garut  didapat sedikit cerita tentang pembuatan es ini. Goyobod itu salah satu unsur es campur.  Goyobod terbuat dari tepung sagu aren yang   dicampur santan sampai mengental. Teksturnya jadi mirip jelly.  Rasanya kenyal tetapi lembut, hampir mirip dengan tekstur cincau. Ada juga sebagian orang yang buat modifikasi, goyobod dibuat dari tepung hunkwee. Di mangkuk saji di bawah ini, goyobod itu yang berwarna abu-abu.

es goyobod

 

Urutan penyajian Es Goyobod itu  seperti ini  sirop dituang dalam gelas saji  isikan dengan potongan goyobod, pacar cina, alpukat dan kelapa muda. Lalu tuangi santan, beri roti tawar dan es serut, jika suka bisa ditambahkan susu kental manis. Es Goyobod siap disajikan. Cukup gampang kan resepnya, coba buat sendiri yuuk.