Non aktifnya teman-teman dekat di dunia maya yang dulu saling baku komentar sempat membuatku kehilangan dan merasa sepi berkelana di dunia blog, merindu keakraban dalam blogging. Rasa ini sempat membuatku malas posting,   blogwalking tetap jalan terus tetapi tanpa meninggalkan komentar.  Lama kelamaan ya  blogwalking juga yang membawaku kembali ke khittah blog, menarikku untuk kenal blog jauh lebih dalam lagi, apalagi setelah baca artikel teman-teman tentang Fun Blogging.

Blogging yang semula hanya for fun, jaman sekarang diperluas lagi dan makin diperhitungkan oleh dunia pemasaran.  Sangat menarik untuk dipelajari lebih jauh. Ternyata ya  blogger bisa dijadikan sebagai sebuah profesi. Blogger banyak  digandeng oleh agensi untuk memperkenalkan  berbagai produk dan jasa. Berbagai event yang digelar saat ini, banyak mengundang blogger untuk meliput dan menuliskannya di blog pribadi.

Menurut teman-teman yang sudah pernah ikut pelatihannya, di acara Fun Blogging  tips dan trik untuk menjadi blogger profesional dibuka habis-habisan oleh 3 orang blogger yang sangat mumpuni. Mereka  semuanya sudah kukenal blognya dan pernah bertemu langsung  in person walau belum sempat ngobrol. Tiga blogger profesional itu adalah  Haya Aliya Zaki , Shinta Ries dan Ani Berta. Mereka bertiga ini kan selebblog, ketika memperkenalkan diri kepada mereka hanya menyebut nama depanku tapi langsung mereka melengkapinya dengan menyebut nama belakangku. Walau mereka  bertiga hanya sesekali mampir di blog tapi  ini nih mungkin bukti ampuhnya pakai satu identitas di blog, akun  media sosial dan email, yang merupakan anjuran mbak Shintaries dan Ani Berta (padahal sih dulu buatnya tak bermaksud branding tapi karena kurang kreatif wk..wk… )

Setelah beberapa kali tak berhasil mendaftar karena ramainya peminat akhirnya aku bisa kebagian kuota di Fun Blogging 11, tanggal 14 Mei 2016 di Jakarta bekerja sama dengan Qwords dan Bliblidotcom.

Fun Blogging 11 berlangsung di kantor Blibli.com di bilangan Petamburan, Jakarta Pusat. Pembicara pertama adalah cik gu Haya Alia Zaki. Namanya sudah kukenal lama sebagai seorang editor buku dan penulis. Materi yang diberikannya Writing Great Content, yang menitikberatkan pada cara penulisan yang baik menurut EBI (ejaan bahasa Indonesia).

Pembicara kedua adalah mbak Shintaries, seorang web dan blog designer,  yang berucap  blogger kekinian adalah blogger yang berkonsep, blogger yang mampu   menghadirkan konten kreatif . Materi yang dipersembahkan  adalah Advancing Your Blog Platform.   Ia menjelaskan  kriteria blog yang baik, sejak dilihat dari tampilan blog, widget, plug in, bikin konten andalan agar mampu menaikkan trafik blog, etika memasang banner iklan dan atau google adsense, serta banyak lagi  ilmu teknis lainnya.

Pemateri terakhir, adalah Ani Berta yang biasa dipanggil Teh Ani. Blogger yang sudah ke berbagai tempat di dalam ataupun di luar negri karena  ngeblog ini  membawakan materi berjudul How To Monetize Your Blog Through Branding.  Di awal ngeblog aku sering blogwalking ke tempatnya, akhirnya kopdar juga (di 2014 pernah bareng di suatu acara tapi nggak ngeh dia di mana) dan lihatlah  setelah serius menekuni blog bertahun-tahun kini ia  berani menjadi full time blogger dan melepas kerja kantorannya.

Materi branding ini erat kaitannya dengan optimasi media social untuk mempromosikan diri dan blog yang sudah dibangun sedemikian rupa. Banyak  agensi yang menawarkan job review blog, sekalian dengan buzzing di media sosial misalnya twitter, facebook, dan instagram. Makanya blogger juga seharusnya aktif  di media sosial. Kiat-kiat membangun networking, mendapat job review, serta etika mereview produk kompetitor juga dibahas oleh Teh Ani. Teh Ani itu punya satu kiat sering menerima job tanpa fee atau uang transport tetapi ia mementingkan networking, karena  hubungan  pertemanan yang terbangun adalah sesuatu yang tak ternilai harganya. Ia juga menyarankan apa yang telah didapat dari ngeblog sebaiknya dibagi lagi ke banyak orang dengan cara mengajar sukarela umpamanya.

Sesi demi sesi Fun Blogging ini terasa sangat menyenangkan, setiap pembicara berhasil memukau peserta bahkan ternganga, he.. he..  itu aku dong. Peserta tampak semangat bertanya di  sesi tanya jawab seolah ingin menguras habis ilmu ketiga wanita cantik ini.

Sudah sampai di kantor  Bliblidotcom  (lihat disclaimer), tentu ingin kenal lebih dekat dengan perusahaan ini dong. Banyak marketplace lain, kupikir semuanya sama saja. Tapi di acara ini jadi tahu pembedanya, karena selain ada materi dari mbak Dewi PR dari Bliblidotcom kami juga diajak office tour. Isi kantor itu terbuka lebar buat kami. Interior kantor ini cerah ceria seperti ruang bermain. Memang sih disediakan juga tempat istirahat, lengkap dengan papan catur, kursi goyang dll. Bahkan asyik banget sebuah pojok santainya hanya bisa dicapai dengan tangga vertikal, kan ini bisa jadi sarana olahraga, melemaskan otot-otot yang kaku setelah bekerja.

Fun Blogging 11
Kreativitas  pihak bliblidotcom terlihat pada  aksesoris  kantor serta desain setiap ruangannya. Ruangan meeting berwarna oranye, warna yang  menggambarkan keakraban, keramahan dan pemberi efek rasa nyaman. Beda ruangan, beda juga fungsinya, beda warnanya dan beda pula efek psikologisnya, yang penting karyawan merasa senang dan betah bekerja. Berkeliling di sini jadi sirik deh, pengen punya kantor seperti ini, banyak spot asyik buat foto-foto, instagramable banget.

Bliblidotcom ini memberikan pelayanan 24 jam. Ketika pelanggan merasa ada masalah dalam berbelanja melalui website atau aplikasinya, bisa langsung dibantu oleh customer servicesnya. Produk-produk dari bliblidotcom ini menarik karena masing-masing ada  keterangan detail, deskripsi dan spesifikasinya. Foto produk bisa dikerjakan oleh fotografer di studio yang tersedia di kantor ini, makanya terlihat profesional banget deh produknya.

Perusahaan akan memantau proses pengantaran barang pesanan hingga sampai ke tangan pembeli. Sistem pembayaran cukup mudah juga. Menjelang Ramadhan dan Lebaran  ini, bliblidotcom sedang banyak memberikan diskon lho , jangan terlewat ya.

Jika anda seorang produsen dan ingin ikut memasarkan produk lewat bliblidotcom caranya  hubungi customer services bliblidotcom  atau melalui Merchant Corner. Cara kerja sama dijelaskan rinci di sana.

.