apel Malang

Salah satu obyek wisata yang sudah terkenal di daerah Malang sekitarnya yaitu Β Wisata Petik Apel. Sebaiknya acara ini dimasukkan ke dalam agenda perjalanan, sangat memikat dan menyenangkan ramai-ramai dengan anak-anak mencoba menggapai buah apel yang ranum. Kebun apel yang kami datangi kebun rakyat milik Kelompok Tani Makmur Abadi, di desa Tulungrejo, kecamatan Bumiaji, kota Batu.<

Apa yang menarik dari sebuah wisata petik apel Malang? Coba bayangkan pemandangan ini. Sebuah kebun apel dengan latar belakang birunya pegunungan di kejauhan, udara yang sejuk, buah-buah apel ranum menggiurkan sangat berlimpah yang bergantungan hanya sejangkauan tangan. Siapa yang tak kalap ingin memetiknya sebanyak mungkin? Petiklah sebuah, bersihkan dan gigit sedikit daging buahnya, rasakan kesegaran dan gurihnya yang sangat jauh berbeda dari rasa buah apel Malang yang dibeli di pasar. Ketika satu buah sudah habis dilahap bahkan bisa langsung ambil dan makan lagi sepuasnya.

Selain sibuk memetik buah apel, juga sangat mengasyikkan bisa sekalian belajar foto di alam. Bisa belajar foto makro dan bokeh, hi..hi.. sayangnya belum berhasil.

wisata petik apel 1

Buah apel ini dulu sejarahnya dibawa oleh orang Belanda ke daerah Batu, Malang, pada saat zaman penjajahan. Ternyata apel cocok tumbuh di kota Batu yang cukup dingin udaranya. Saat ini sudah semakin banyak petani apel, hingga akhirnya buah yang berlimpah itu dibuat menjadi produk olahan yang tahan lama seperti keripik apel yang lezat. Apel Malang sebagai satu-satunya buah apel yang ditanam di Indonesia.

Buah Apel mengandung zat-zat penting untuk tubuh seperti serat pektin, quercetin (bahan anti kanker dan radang), serta vitamin C yang tinggi sebagai antioksidan. Karena alasan inilah banyak pakar kesehatan yang menyarankan kita untuk rutin mengkonsumsi buah Apel, bahkan sampai ada ungkapan “an apple a day keeps the doctor away”.

wisata petik apel

Di kebun apel milik Kelompok Tani Makmur Abadi (KTMA) , harus mbayar tiket masuk seharga Rp 20.000 per orang dan mendapatkan welcome drink jus apel kemasan. Di sini boleh memetik dan makan apel sepuasnya dengan waktu tak dibatasi. Apel yang ada di sini apel hijau yang manis dan apel kemerahan yang agak asam.

wisata petik apel 2

apel Malang 1

 

 

apel Malang 2

Wisata Petik Apel Malang sebaiknya adalah antara bulan Desember, Januari dan Februari saat persedian buah Apel di kebun para petani berlimpah. Apel tidak mengenal musim, tetapi pada bulan April, Mei dan Juni persediaan di kebun petani cukup banyak, sedangkan pada bulan Juli sampainOktober jumlah buah Apel di kebun agak berkurang. Jika ingin bawa pulang, apel akan ditimbang terlebih dulu, saat itu seharga Rp 15.000 per kg.

Pengalaman memetik buah apel langsung dari pohonnya dan memakan apel segar yang baru dipetik sendiri menjadi pengalaman yang mengasyikkan dan tak terlupakan.