Setiap tahunnya setelah  umat Islam merayakan Hari Raya idul Fitri (yang jatuh di bulan Syawal) biasanya mulai banyak  berdatangan undangan pesta pernikahan. Di Indonesia bulan Syawal itu di   dipandang sebagai bulan baik untuk menggelar hajatan.  Bulan Syawal banyak dipilih orang untuk meresmikan hubungan sepasang anak manusia membentuk mahligai rumah tangga.

Momen Hari Raya Idul Fitri yang bersambung dengan musim  hajatan pernikahan itu  berarti akan bertemu dengan banyak orang. Salah satu hal yang sangat penting diperhatikan  tentulah busana  yang apik.   Tak pelak pastilah sebagian besar kaum hawa memikirkan penampilan.  Dari ujung rambut sampai ujung kaki sebisa mungkin harus terlihat rapi, cantik dan modis.  Mulai deh mematut diri, bongkar  lemari pakaian mencari busana lama yang masih cocok.  Kalau sudah tak ada yang dirasa pantas beli baju baru solusinya ha.. ha..

Batik Tasikmalaya

Sedang diajarkan cara membuat batik, pernah dituliskan di   cuci mata : Batik Garut dan batik Tasikmalaya

Ada kebiasaan unik masyarakat Indonesia yaitu tradisi mengenakan baju baru di hari raya. Tradisi yang sudah mendarah daging ini dinilai bisa lebih menghargai tamu. Berkunjung dan silaturahmi dengan sanak  keluarga, kerabat dan sahabat  menjadi salah satu tujuan menggunakan pakaian yang sopan dan menarik.

Jenis baju yang banyak dipilih adalah baju batik.  Batik  dengan berbagai macam variasi motif dan warna dari seluruh Indonesia  bisa membuat penampilan terkesan rapi. Busana batik tak hanya bisa dipakai untuk kesempatan formal namun  juga cocok dipakai untuk acara semi formal maupun santai. Tentunya harus diperhatikan jenis kain dan motifnya.  Batik di atas kain sutra tentu lebih cocok dipakai untuk acara resmi sedangkan untuk acara non formal bisa pilih batik di atas bahan katun atau denim.

Nah, untuk Anda yang hendak memilih baju batik untuk  menghadiri acara silahturahmi, berikut ini adalah beberapa  model baju batik terbaru modern murah.   

  • Blus  lengan panjang dengan kancing ala Tionghoa.

Menggunakan blus batik berlengan panjang akan memudahkan Anda ketika menggunakan hijab. Dengan kancing ala Tionghoa  akan menambah kesan feminin sekaligus minimalis. Pada kerah bisa juga digunakan kerah berdiri ala wanita Tionghoa  (kerah  Sanghai) namun bisa juga kerah minimalis.

  • Kemeja dengan kancing samping.

Kemeja  atau blouse dengan kancing di bagian samping juga dapat  tetap terlihat klasik dan trendy. Model ini akan semakin manis bila tempat kancing diberi aksen dengan  memilih  warna kain yang berbeda. Bisa juga ditambahkan model kerah minimalis  untuk semakin menonjolkan  sisi feminin diri Anda.

  • Blouse panjang dengan ikat pinggang.

Model baju batik terbaru modern murah selanjutnya adalah model  blouse panjang dengan tambahan ikat pinggang. Ikat pinggang yang dipakai di sini bukanlah  ikat pinggang lepas namun memakai  kain batik  yang sama. Mengikatnya memakai simpul pita sehingga bisa mempercantik penampilan.

  • Outer batik.

Kain batik juga bisa digunakan sebagai outer  yang memiliki satu atau dua kancing atas. Pakailah baju dalam terlebih dahulu kemudian gabungkan baju batik outer di bagian luarnya. Gunakan bawahan yang senada warnanya dengan baju dalam agar bisa serasi dengan bahan kain batik apapun.

Sedangkan untuk para pria, penggunaan baju batik di moment lebaran atau kondangan akan lebih menampilkan sisi dewasa dan kesopanannya. Model modern yang bisa digunakan adalah kerah minimalis dengan kancing ala baju koko. Atau bisa juga dengan menggunakan motif batik kombinasi bahan polos. Batik hanya di satu sisi kemeja saja sedangkan sisi lainnya adalah warna yang dominan dan polos. Sematkan kantung pada bagian yang berwarna polos dengan aksen sedikit  motif batik  di bagian atas kantung.

Itulah beberapa model baju batik terbaru modern murah bagi Anda yang ingin menggunakan baju batik untuk aneka keperluan dan acara di tahun ini. Dengan memiliki koleksi baju batik yang lebih banyak, maka Anda bisa mendapat keuntungan yaitu baju bisa digunakan untuk berbagai event formal dan semi formal seperti menghadiri pesta pernikahan, bekerja hingga pengajian dan perayaan hari raya atau hari besar lainnya. Batik sendiri sebetulnya tidak mengenal trend model karena bisa digunakan dengan model apapun di jaman manapun.