Disclaimer : Postingan ini adalah postingan berbayar untuk mengenalkan Airyrooms, disclaimer lengkap blog ini bisa dibuka di halaman disclaimer.

Raun ke Sumatera Barat itu rasanya tak ada puasnya, sudah sekian banyak obyek turistik yang ditengok  masih ada saja yang terasa belum lengkap , masih banyak  tempat yang ingin dikunjungi.  Bisa jadi rasa penasaran  ini karena jenis-jenis wisata di propinsi ini terbilang sangat lengkap. Potensi wisata yang wajib dikunjungi di Sumatera Barat berkisar dari wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah  sampai wisata kuliner. Kunjungan dua kali ke Ranah Minang ini kutuangkan dalam posting serial  dengan  tema Tour de Ranah Minang (TDRM I tahun 2012 dan TDRM II tahun 2014). Lihat Rute wisata selengkapnya di sini. Nah, kini kubuat rangkumannya saja apa itu 5 jenis wisata wajib kunjung di Sumatera Barat.

1. Wisata Alam Ranah Minang

Topografi alam di propinsi yang dilalui oleh pegunungan Bukit Barisan ini menjadikan daerah ini kaya dengan bentukan  gunung, lembah, danau, air terjun. Selain itu letaknya di tepi Samudera Hindia  membuat wisata pantainya pun sangat memikat. Nah ini nih… belum menyentuh pantai dan island hopping di sini.

Ini jenis wisata yang sudah pernah dijalani :
Danau Di Atas

Danau Di Atas – Gunung Talang

Ada beberapa danau indah  di Ranah Minang, danau Singkarak  yang paling luas  diperkaya dengan fauna khas ikan bilih yang telah jadi salah satu makanan identitas, danau Maninjau yang biru tenang bagai cermin dan kelok 44 yang ngeri-ngeri sedap, danau kembar danau Di Atas dan danau Di Bawah (pada spot tertentu kedua danau ini bisa terlihat sekaligus).

Di propinsi ini ada wisata air terjun dan ngarai sebutlah Lembah Harau dengan dinding batuan vertikal dan 4 air terjunnya yang disebut sarasah, Ngarai Sianok plus Taruko dan  Janjang Koto Gadang , dan air terjun Lembah Anai yang berair deras.

Wisata Pantai dan Island Hopping bisa juga dilakukan di sini. Banyak pantai cantik dan pulau-pulau kecil indah seperti pulau Pasumbahan, dll.

2. Wisata Sejarah dan Budaya Ranah Minang

 

Istana Baso Pagaruyung

Istano Baso Pagaruyung

Wisata Sejarah dan Budaya di Ranah Minang ini pun lengkap. Wisata sejarah mulai dari jaman kerajaan sampai jaman Indonesia merdeka ada semua. Sebut saja Istano Baso Pagaruyung, Batu Batikam, Museum Gudang Ransoem Sawahlunto, Rumah Kelahiran Bung Hatta, Rumah Buya Hamka, Rumah Puisi Taufik Ismail, wilayah Pecinan di Kota Padang, acara Tabuik di Pariaman dll. Satu lagi yang ingin kudatangi yaitu Kota Tua / Pecinan di Padang, karena waktu itu hanya menatap dari kejauhan, dari atas Jembatan Siti Nurbaya.

3. Wisata Kuliner Sumatera Barat

Sate Danguang-danguang
Siapa sih yang tak pernah mencicipi masakan Padang? Kurasa masakan Padang ini sudah ada di mana-mana deh. Lalu mengapa tidak mencoba kuliner asli racikan padussi Minang? Rendang daging yang sudah mendunia itu ternyata bukan satu-satunya jenis rendang, ada rendang lokan  dari Painan sampai rendang pakis yang sama lezatnya. Jangan lupa mencicipi Nasi Kapau di Los Lambuang Bukittinggi yang lezatnya bahkan sampai bikin tak malu-malu menjilati  jari, dijamin bakal ketagihan. Cicipi pula Katupek Pical, Dadiah yoghurt dari susu kerbau, dan juga dendeng baracik serta dendeng batokok Muara Kalaban.

4. Wisata Belanja

Songket Pande Sikek

Songket Pande Sikek

Jangan mau kalah pada turis-turis dari negeri jiran yang sengaja datang untuk berbelanja berbagai jenis kain bersulam cantik, dan songket benang emas. Kalau semua hasil kerajinan diborong mereka semua, lalu kita dapat apa?  Kain sulaman  itu ada yang berbentuk selendang, mukena sampai busana siap pakai. Pusat kerajinan songket ada di Pande Sikek, dan pusat  kerajinan sarung tenunan tangan  di Silungkang.

5.Wisata Olahraga

Sumatera Barat sudah beberapa kali berhasil menyelenggarakan lomba balap sepeda Tour de Singkarak yang diikuti atlit internasional. Selain itu pehobi surfing juga sudah melirik Sumatera Barat. Di pesawat terbang tujuan Padang banyak turis yang membawa papan surfing untuk berselancar di lepas pantai pulau-pulau Sumatera Barat. Salah satu tempat berselancar yaitu Pulau Sipora sudah masuk ke daftar 20 spot surfing terbaik di dunia milik CNN Travel.

Hotel atau penginapan murah di Padang

Airy Padang Barat Bundo Kanduang, harga kamar Rp 332.100,-

Memang  aku sudah beberapa kali ke Sumatera Barat, tetapi dahulu menginap di Bukittinggi. Segala macam akomodasi dan transportasi dicarikan oleh seorang teman blogger. Nah kunjungan berikutnya ingin menginap di Padang  supaya lebih dekat ke wisata pantai. Inginnya sih cari hotel  di Padang yang terjangkau agar sesuai dengan budget liburan keluarga.  Sayangnya di Padang tak punya kenalan yang bisa diminta bantuannya. Untungnya dapat info tentang hotel yang terjangkau tetapi dengan fasilitas maksimal. Booking penginapan atau hotel murah di Airy Rooms menjadi solusinya.

Ternyata di kota-kota besar Indonesia sudah ada jaringan hotel Airy dan dekat dengan  destinasi wisata. Fasilitas yang disediakan sangat memadai seperti wifi gratis, AC, TV layar datar, air minum gratis, air panas dan lainnya. Harga yang ditawarkan sudah termasuk pajak dan tidak kena booking fee. Harganya murah, kisaran 250 – 350 ribu rupiah saja.