Pemain kecapi

Pemain kecapi yang memainkan lagu Borondong Garing, lokasi di Kawah Putih

Anak lelaki salah seorang rekan kerjaku kadang-kadang diajak ibunya bertugas, karena tak ada yang menjaganya di rumah. Seharian di Puskesmas bocah TK ini punya bermacam cara buat menghilangkan kebosanannya.  Si bocah ini suka bersenandung. Salah satunya  “pipi koneng irung mancung”. Kerianganannya menular. Jadilah kami pun ikut-ikutan menyanyikan potongan syair lagu Panon Hideung. Apalagi memang irama lagunya  enak mendayu. Lagu-lagu Sunda itu umumnya begitu ya, iramanya melankolis syahdu membelai telinga.  Enak banget.  Selain Panon Hideung, ada lagi yang enak didengarnya seperti Bubuy Bulan dan Mojang Priangan.

Aku suka lagu-lagu dari tatar Sunda itu mungkin pengaruh almarhum bapakku juga. Beliau itu suka lagu-lagu daerah. Makanya sejak kecil sudah familiar dengan bermacam-macam lagu daerah, selain dari Parahiangan juga lagu dari Maluku dan Tapanuli. Nah itulah, asal muasal ada posting tentang lagu-lagu daerah di blog ini. Aku ingin lagu daerah tetap ada dan terdengar terus.

Yuk, berbagi cerita 3 lagu Sunda populer yang kusuka. Posting ini sebagian dari hasil chat dengan elje dan kang Yayat, dua teman blogger yang lagi hiatus.

Lirik Lagu Panon Hideung

Sudah tahu pastinya kan bahwa lagu Panon Hideung ini bukan asli lagu Sunda?  Lirik  lagu yang ditulis oleh Ismail Marzuki ini memang berbahasa Sunda. Tapi, sebenarnya lagu Panon Hideung adalah lagu rakyat Rusia. Lagu ini musikalisasi dari sebuah puisi   dengan judul  Ochi Chernye. Kedua judul  lagu ini bermakna sama yaitu mata hitam.

Kenapa tiba-tiba lagu Rusia bisa sampai ke tanah Parahiangan? Kabarnya seorang seniman Rusia di Bandung yang mengenalkan lagu ini di tahun 1920an. Saat itu akan ada acara pementasan lagu-lagu dari luar negeri. Lagu ini diusulkan. Tak dinyana ya sampai sekarang lagu ini tetap enak didengar.

Musisi asal Indonesia, kalau tak salah ingat Addie MS pernah menampilkan lagu Panon Hideung di Rusia. Diceritakan penonton terpukau mendengar cengkok Sunda yang membuat lagu rakyat ini sedikit berbeda dari lagu asalnya.  Memang terasa kental ya unsur Sundanya,  sudah bukan seperti lagu dari barat sana. Coba deh bedakan versi Sunda dan Rusia di youtube.

Panon hideung Pipi koneng (mata hitam pipi kuning)
Irung mancung (hidung mancung)
Putri Bandung Putri saha (putri Bandung putri siapa)
Di mana bumina (di mana rumahnya)
Abdi reseup Kaanjeunna (aku suka  kepadamu)
Siang wengi Kaimpi-impi (siang malam termimpi-mimpi)
Hate Abdi Sara redih (hatiku terasa sedih)
Teuemut dahar Teuemut nginum (tak mau makan taka mau minum)
Emut kanu geulis Panon Hideung ( ingat kepada si cantik bermata hitam)

Lirik Lagu Bubuy Bulan

 

Bubuy Bulan "

 

Tentang Bubuy Bulan. Setelah cari info lagu ini adalah ciptaan Benny Korda. Sayang, tak ada berita tentang bapak ini. Menurutku sih kalau mau menafsirkan lirik  lagu harus dilihat latar belakang penciptanya. Yang kudapat malahan tentang penafsiran makna lagu Bubuy Bulan. Agak berlebihan menurutku sih. Kalau ingin tahu tentang apa itu, banyak kok bertebaran di dunia maya. Cari sendiri saja ya.

Lirik lagu Bubuy Bulan memang agak tak biasa. Bait awalnya seolah-olah  berhubungan dengan masak memasak. Apa mungkin pak Benny Korda menciptakan lagu ini dengan perut lapar? He..he… maaf pak.

Bubuy Bulan artinya bulan dipepes.   Bubuy itu cara memasak tradisional Sunda, yang saat ini sudah agak jarang dilakukan. Caranya adalah  daging ayam  atau ikan ungkep dibungkus dalam daun pisang, kemudian diletakkan dalam abu tungku hangat. Info ini kudapat di sebuah resto di Bogor.

Cari info lebih lanjut, ternyata kawih Sunda itu ada jenis rumpaka  sindiran. Maksudnya mungkin liriknya banyak kiasan. Biasanya ini dibuat pada sampiran pantunnya. Supaya sampiran dan isi  punya rima sama.

Bubuy bulan, bubuy bulan sangray bentang
Panon poe, panon poe disasate
Unggal bulan, unggal bulan abdi teang
Unggal poe, unggal poe oge hade

Situ Ciburuy, laukna hese dipancing
nyeredet hate, ningali ngaplak caina
Duh eta saha, nu ngalangkung unggal enjing
Nyeredet hate, ningali sorot socana

Artinya :

Bulan pepes, bulan pepes, bintang sangrai
Matahari, matahari disate
Setiap bulan, setiap bulan aku nanti
Setiap hari, setiap hari juga baik

Danau Ciburuy, ikannya susah dipancing
Bergetar hati, melihat airnya jernih
Duh itu siapa, yang berjalan setiap pagi
Bergetar hati, melihat sorot mata

Lirik Lagu Mojang Priangan

Mojang Priangan artinya gadis dari Priangan. Lirik lagu ini menceritakan tindak tanduk gadis cantik molek  yang berjalan lemah gemulai, selalu tersenyum dan riang hati. Busananya kain yang diwiru (dilamban) dan kebaya.

Angkatna ngagandeuang,
Bangun taya karingrang
Nganggo sinjang dilamban
Mojang priangan

umat imut lucu
sura-seuri nyari
Larak-lirik keupat
mojang priangan

Diraksukan Kabaya
Nambihan cahayana
Dangdosna sederhana
Mojang priangan

Mojang anu donto
Matak sono nu nempo
mun tepung sono ka…
mojang priyangan

Gareulis maranis
Disinjang lalenjang

Estu surup nu nempo
mojang priangan