Lirik Lagu Borondong Garing

Borondong Garing, meskipun tak tahu arti lagu berbahasa daerah Sunda, tetapi tetap saja lagu itu asyik didengar. Mau tahu ah artinya, sebaiknya tanya kang Yayat atau Orin menterjemahkan.

Borondong garing
ider kota pilemburan
mekar lumaku diri
anu dagang bari mimitran

Borondong garing
haleuang katineung ati
jerit ciptaning ati
jeung hiliwirna angin peuting

Oleh-oleh Priangan di lingkung gunung
Majalaya Soreang Banjaran Bandung
hate jongjon lugina anu dikantun
narik ati matak luas nu ngabantun

Lagu berbahasa Sunda ini terdengar dari sebuah saung kecil di Kawah Putih. Di sana duduk seorang pemain kecapi atau kacapi alat musik petik khas Jawa Barat, yang menyanyikan lagu Borondong Garing. Pak Ali namanya. Betah sekali memperhatikan si bapak memainkan jemarinya di alat musik berdawai itu. Lagu daerah Sunda punya cengkok khusus yang kurasa enak didengar meskipun agak sulit meniru cengkok itu.

Update arti lirik lagu Borondong Garing seperti yang diberikan kang Yayat di kolom komentar : (terima kasih banyak kang)

Borondong = cemilan dari jagung mekar yang dicampur gula. Garing = kering.
Ider kota pilemburan = keliling perkampungan kota.
mekar lumaku diri = mengembangkan laku (=aktifitas) diri
anu dagang bari mimitran = yang berdagang sambil bersahabat

Borondong garing
haleuang katineung ati = suara yang nyanyi menyentuh kalbu
jerit = teriak, ciptaning = timbul ati = dari hati
jeung hiliwirna angin peuting = ditemani hembusan angin malam

Oleh-oleh Priangan di lingkung gunung = Oleh2 priangan di sekeliling gunung.
Majalaya Soreang Banjaran Bandung = Nama daerah di Bandung dan sekitarnya : Majalaya, Soreang dan Banjaran = nama kecamatan di Bandung.
hate jongjon lugina anu dikantun = hati betah dan senang (lugina = senang) sama yang ditinggal
narik ati matak luas nu ngabantun = menarik hatik menyebabkan berani bersama yang membawanya.

Kehadiran pemusik tradisional di daerah wisata memang bisa menambah daya tarik, Menurutku sih bisa membuat kita lebih meresapi keindahan suatu tempat, lebih terasa suasana lokalnya.

Berlainan dengan di Kawah Putih, gunung Patuha, di mana pak Ali disediakan tempat khusus, di kawasan wisata Danau Kembar, yaitu Danau di Atas dan Danau di Bawah, tak ada saung atau naungan yang disiapkan. Pemusik tiup tradisional ` ini ngamen berjalan ke sana ke mari sambil meniup suling. Alunan suling Minang tentu saja berbeda dengan alunan suling Sunda, apalagi alunan suling dangdut dari kelompoknya bang haji Rhoma Irama. Pokoknya bisa dibedakanlah

Pak tua tentu saja tak bisa meniup suling sambil bernyanyi, tetapi dia punya kiat lain. Berselang-seling dengan tiupan sulingnya, beliau menceritakan hikayat kerajaan, dalam bahasa Minang yang sulit kutangkap. Sepintas si bundo yang menerangkan garis besar cerita si bapak.

Ingin mendengar lagu Borondong Garing ada play button ya, sengaja tak dibuat otomatis biar tak jadi kecelakaan suara menjafi cetar membahana, he..he…, karena aku sendiri pernah kaget ketika lupa mengecilkan pengeras suara si lappy.

This entry was posted in Budaya, wisata and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

34 Responses to Lirik Lagu Borondong Garing

  1. fier says:

    Suling Sunda emang ga ada yang ngalahin

  2. yayats38 says:

    Borondong = cemilan dari jagung mekar yang dicampur gula. Garing = kering.
    Ider kota pilemburan = keliling perkampungan kota.
    mekar lumaku diri = mengembangkan laku (=aktifitas) diri
    anu dagang bari mimitran = yang berdagang sambil bersahabat

    Borondong garing
    haleuang katineung ati = suara yang nyanyi menyentuh kalbu
    jerit = teriak, ciptaning = timbul ati = dari hati
    jeung hiliwirna angin peuting = ditemani hembusan angin malam

    Oleh-oleh Priangan di lingkung gunung = Oleh2 priangan di sekeliling gunung.
    Majalaya Soreang Banjaran Bandung = Nama daerah di Bandung dan sekitarnya : Majalaya, Soreang dan Banjaran = nama kecamatan di Bandung.
    hate jongjon lugina anu dikantun = hati betah dan senang (lugina = senang) sama yang ditinggal
    narik ati matak luas nu ngabantun = menarik hatik menyebabkan berani bersama yang membawanya.

    Itu berdasarkan harfiahnya saja .. susah nerjemahkan lagu ke dalam bahasa Indonesia. Tapi kalau dinyanyikan lumayan paham tuh.
    Mangga diparios ku Teh Orin he he

    • Monda says:

      trims ya kang, gerak cepat langsung diartiin
      sepintas kalau diartikan plek gitu seperti nggak nyambung ya liriknya, musti ngerti makna tersiratnya ya kang

      • Orin says:

        Aduh…teu tiasa mariosna oge kang Yayat 😛
        iya Kang, kalo diterjemahin kata per kata gituh jadi aneh ya hihihihi…
        tapi yg penting lagu ini emang asyik ya BunMon 😉

  3. applausr says:

    kalau denger lagu lagu daerah live.. menarik banget rasanya ya… seneng banget.. apalagi kalau sambil makan ikan gurame goreng gitu ya… hehehe ga nyambung ya..

    • Monda says:

      waaah…, gurame goreng plus lalapan dan degung itu tak terpisahkan deh… , Parahyangan pisan

  4. LJ says:

    borondongnya merdu pisan kak..

    #ihiiyy, soundcloudnya sukses terpasang. 😛

    • Monda says:

      Htmlnya nyontek di strawberry fields, disamain baris per baris,
      padahal draft ini udah lama mak, tapi karena malas ngerubah kode dan malu minta tolong mulu, makanya baru semalam bisa, setelah berapa kali salah he..he..
      thanks ya mak

      • LJ says:

        aku juga yakin kk bakalan bisa dgn modal contekan kode yg kmrn.. krn yg diperlukan adalah keuletan utak atiknya.. xixixi… #jempol deh

  5. Pakde Cholik says:

    Judul Mari Bernyanyi akan lebih bagus jika diganti dengan Lirik Lagu Barondong Garing.
    Mengapa ? kata “Lirik lagu” lebih banyak dicari orang.
    Begitulah cara menembak kiwot jeng

    Saya belum kenal lagu ini, kalau es Lilin atau Peuyeum Bandung sudah kenal.
    Terima kasih liriknya

    Salam hangat dari Surabaya

  6. hilsya says:

    saya tau banget lagu ini..
    udah lama ga denger mbak.. hehe
    tapi ada juga sih beberapa kosakata yang ga berhasil saya translate
    *hayaah, ngaku-ngaku orang sunda*
    thanks to kang yayat..

  7. nique says:

    menyimak lagunya dulu ya Kak 😀

  8. niee says:

    Lagunya berasa ada di pesta pernikahan orang sunda bun kalau di sini.. hihihi

    • Monda says:

      he..he..iya …, soalnya musik Sunda itu kan khas banget ya, jadinya kebawa suasana, kalau nggak di rumah makan ya di nikahan

  9. Mechta says:

    jadi kangen sama kost2an..dulu si ibu kost sering setel lagu ini, hehe… trimakasih, mbak Monda :)

  10. waah, nuhun pisan nya sharingnya… sy jd tau dr blog ini.

  11. kamal says:

    wah, postingan bu monda jadi mengingatkan tentang kawah putih, saya pernah menulisnya di sini dan lagu barongdong garing nya sendiri juga mengingatkan saya di salah satu acara pernikahan teman/saudara di bandung… hmmm jadi pengen ke bandung lagi nih, sudah lama juga tidak ke bandung :-)

  12. marsudiyanto says:

    Diantara semua musik atau lagu daerah, saya paing suka irama Sunda.
    Yang Jawa ya suka tapi lebih suka SUnda.
    Kalau musik Bali malah nggak suka…

  13. wah ..asyik nih ber nyanyi…lagu sunda…
    alat2 musik tradisional jawa barat memang top banget dah..
    suling, angklung…

    nice share

  14. Mamih says:

    musiknya mendayu dayu ya BunMon…
    jadi langsung mengkhayal…seandainya duduk di lesehan deket kolam ikan , makan siang pake sambel, lalapan, ikan gurame goreng kering kryus kryus……. bener2 mantaff deh …. 😛

    ( kalau tukang makan gini nih, langsung aja pikirannya ke makanan … 😀 😀 )
    salam

  15. Ely Meyer says:

    beberapa hari lalu aku dengarkan lagu ini di you tube mbak, skrg tahu arti lirik lagunya dari sini :)

  16. kakaakin says:

    Memang pas banget, musik daerah di sebuah obyek wisata :)
    Tulisan ini ya yang kmaren diganti judulnya. Saya lihat URL tulisan ini masih mari menyanyi, kira2 ngaruh di pencarian gak ya…?

  17. mimi says:

    #menikmati lgu borondong garing sambil nyuci piring…sesuatu yg ulalaaaa loh mba hihi

  18. fitr4y says:

    aku gak tau lagu ini Bunda,, aku lebih suka lagu batak tradisional, lagu padang tradisionan, bukan model baru sekarang bund..

    salam sukses

  19. Mugniar says:

    Pasti asyik di tempat wisata ada musik tradisional ya mbak….

  20. Zizy Damanik says:

    Tadinya aku kira berondong yang benar, ternyata borondong ya….

  21. ahmad fauzi says:

    Kayaknya aku habis donlod kemarin
    satu paket..hehe..

  22. Dani says:

    tetiba membayangkan duduk di tengah lembah pegunungan dengan suara seruling dan logat sunda berbicara di sekeliling.
    awalnya saya kira brondong=cowok muda. Hehehehe

  23. Pingback: Berlagak Fotografer | Berbagi Kisahku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>