Cerita September

Awal September yang ceria yang mungkin hadir di rumah teman-teman semua rupanya belum sempat mampir ke rumah kami,  karena si bungsu sakit dan harus dirawat di rumah sakit selama 4 hari. Alhamdulillah, ananda  saat ini sudah ada di  rumah.

Kejadiannya dimulai Selasa sore ketika adek merasa badannya panas. Obat penurun panas sudah kuberikan tetapi berhari-hari  panasnya masih naik turun, dan ada keluhan pegal dan perutnya merasa eneg, tetapi hebatnya dia tidak rewel dan merengek.

Sabtu pagi dibawa ke rumah sakit, hasil laboratoris pemeriksaan darah menunjukkan semua masih normal dan bisa pulang ke rumah. Tetapi dokter minta esok pagi diperiksa ulang karena curiga ada infeksi virus. Betul saja, trombosit (salah satu faktor pembeku darah) sudah turun banyak menjadi 90.000 (normal : 150.000 – 450.000), sehingga langsug dipastikan harus rawat inap untuk observasi DHF (dengue haermorhagic fever) atau demam berdarah.

Nyamuk demam berdarah memang tidak pilih-pilih sasaran ya he..he……padahal  aku itu kan salah satu tugasnya ikut memeriksa jentik di rumah warga di lingkungan kerjaku. Atau nyamuknya dendam sama pemeriksa ya…karena keturunannya dibasmi he..he…, entahlah adek tergigit nyamuk di mana, entah di sekolah,di rumah, rumah teman atau di rumah kerabat, atau tempat-tempat lain, karena memang sebelum sakit banyak tempat yang dikunjungi. Jadi, lingkungan sekitar memang harus bersih, cara pemeriksaannya  ada di sini.

Di rumah sakit adek langsung diinfus cairan elektrolit  RL (Ringer Laktat)  dan diperiksa darah pagi dan sore, untungnya adek sangat tabah, tak ada tangisan, dia tetap tenang dan anteng setiap kali pengambilan darah. Trombositnya turun terus  sampai 40.000. Infus (jaman dulu ada istilah jarum gantung) sampai habis 7 kantung.

Syukurlah hari Selasa kadar trombosit sudah meningkat, cocok dengan perkiraan dokter, pada hari ke 6 trombosit akan mulai berangsur-angsur kembali naik. Kalau dari hasil 2 kali pemeriksaan darah trombosit terus naik, adek diperbolehkan pulang.  Maka, Rabu siang kemarin adek sudah di rumah kembali.

Virus dengue  masuk ke tubuh manusia melalui gigitan si nyamuk belang, Aedes aegypti  dan menyerang sumsum tulang belakang yang menganggu  produksi trombosit sehingga jumlahnya terus berkurang.  Jika kadar trombosi berkurang mudah terjadi perdarahan. Virus  itu berkembang dan  merusak  sel kapiler pembuluh darah. Akibatnya pembuluh darah menjadi rapuh, mudah bocor,dan cairan dalam pembuluh darah mudah keluar ke jaringan ikat sekitarnya sehingga pembuluh darah kekurangan cairan. Jika sudah begitu pasien merasa lemah dan pusing.

Demam berdarah, seperti penyakit lain yang disebabkan oleh virus belum ada obatnya. Penyakit yang disebabkan oleh virus bersifat self limiting disease, artinya  akan sembuh dengan sendirinya. Pengobatannya hanya bersifat simptomatis, yaitu mengurangi gejala saja, kalau demam diberikan obat penurun panas dan harus banyak minum. Pengobatan pasien DBD yang belum terlalu parah biasanya hanya pemberian cairan Ringer Laktat melalui infus untuk mencegah kekurangan cairan akibat demam dan muntah. Cairan kaya elektrolit baik untuk memperkuat sel sehingga organ-organ tubuh lebih kuat dan  bisa menjalankan fungsinya secara normal. Pada kondisi normal itulah sumsum tulang kembali memproduksi trombosit.

Peningkatan kadar trombosit pada pasien DBD sebetulnya terjadi secara alami. artinya sumsum tulang belakang secara alami memproduksi trombosit jika kadar dalam tubuh kurang. Bila  penambahan cairan tubuh terlambat dilakukan akan menimbulkan shock. Kondisi penderita DBD  biasanya mulai membaik pada hari ke 6. Ketika itu antibodi pasien kembali normal sehingga kadar trombosit pun mulai meningkat.

Tak ada pantangan makan dan minum untuk penderita DBD, kecuali ada alergi, boleh makan dan minum sesering mungkin. . Jadi jus jambu, sari kurma, jus daun pepaya, angkak atau minuman  elektrolit  yang banyak orang berpendapat bisa  menyembuhkan demam berdarah  semua boleh saja  diberikan asalkan  higienis.

This entry was posted in Potret. Bookmark the permalink.

42 Responses to Cerita September

  1. Batavusqu says:

    Salam Takzim
    Semoga tetap sehat ya dinda jangan sampai kena DBD lagi ah, karena virus dengue terkadang sangat berbahaya
    Buat monda sukses selalu ya
    Salam Takzim Batavusqu
    Batavusqu recently posted..Penjelasan Undangan BersepedaMy Profile

  2. prih says:

    Terimakasih paparannya sangat bermanfaat. Syukurlah sang putri telah pulih kembali, peran jus jambu dan sari kurmanya kami rasakan saat anak rawat inap karena DB 2 tahun lalu. Selamat berkarya
    prih recently posted..Pemanfaatan Paitan (Tithonia diversifolia (Hamsley) A. Gray) dalam Perspektif LEISAMy Profile

  3. yayats38 says:

    Saya pernah kena juga Bun .. tahun 2009 lalu he he .. Di rumah sakit mengalami hal yang sama pula, infus dll .. Konon siklusnya 3 hari dan berangsur pulih di hari ke 5. Hari kelima itu pula saya bisa pulang.
    Semoga lekas sembuh ya Bun :)

  4. Monda says:

    alhamdulillah, anaknya sih sudah ceria lagi kang, tapi tetap aja masih harus dipantau makan minumnya, anak2 suka malas minum

  5. Dani says:

    Selamat pagi menjelag siang Mba Monda.

    Turut prihatin atas sakitnya Adik. Alhamdulillah udah sehat. Semoga cepet pulih seperti sedia kala ya Mba Monda. Ternyata nyambung sama postingan di rumah sebelah ya Mba. :)
    Dani recently posted..Weekly Photo Challenge: Free SpiritMy Profile

    • Monda says:

      he..he… iya Dan, terima kasih doanya..
      sambung menyambung dgn sebelah sesuai tips dari suhu …

  6. Erwin says:

    Adik umur berapa mbak?
    Semoga lekas sehat ya mbak, dan hilang DBDnya. amin..
    Erwin recently posted..Masakan Daging Ayam Dengan Kacang Mente dan NanasMy Profile

  7. LJ says:

    walaahh ade tyt sakit..

    syukurlah kak, semua sudah berlalu,
    pengalamanku saat kena DBD, justru trombosit turun saat tubuh mulai merasa baikan (pegal dan demam hilang).. jika gak waspada, justru inilah yang membuat pasien kritis, krn tidak lagi perhatian dgn asupan cairan.. makanya memang lebih baik rawat inap di rumah sakit.
    LJ recently posted..taruko–balingka | petualangan sang panaruko #1My Profile

    • Monda says:

      lho si bundo udah pernah kena juga ya

      betul mak…kalau di rumah itu adek susah disuruh minum …., di rumah sakit kan dokter dan suster berulang2 ngomong di depannya , jadi paham, baru nurut deh

  8. bintangtimur says:

    Mbaaaak, smoga adik cepet pulih ya…Risa juga pernah sakit yang sama di awal kuliah dulu dan sempat diopname di rumah sakit juga…
    Hebat deh, adik nggak rewel, padahal diinfus itu rasanya kan ngebosenin banget. Apalagi pake bolak balik diambil darah pula…ah, ah…kuatnya pasti ngikutin mamanya ya!
    :D
    bintangtimur recently posted..Bingo!My Profile

  9. Titik says:

    Bun, ternyata lama gk nulis karna sedang menunggui si bungsu di RS ya Bun..
    Puji Tuhan adek sdh pulang. Semoga segera pulih dan sehat lagi.
    Semoga saya tidak pernah terkena DB. Takut masuk RS saya Bun…

  10. Orin says:

    Whuaa…pantesan bunMon ‘menghilang’, adek sakit toh :(
    Alhamdulillah kalo skrg udh di rumah lagi, si nyamuk belang emang sesuka hati bgt ngegigit ya Bun, pdhl kita rasanya sih udah menjaga kebersihan de es be..
    Orin recently posted..Bantu Gue El…My Profile

  11. Semoga si bungsu pulih dengan segara ya bu monda.. memang sih nyamuk gak milih-milih mangsa.. :)
    Gusti ‘ajo’ Ramli recently posted..Mengukur keinginan belanja sesuai kebutuhanMy Profile

  12. Dewi Fatma says:

    Kalo DBD aku lom pernah kena, Mbak.. *semoga gak bakal kena*
    Kalo malaria udah..hiks.. Mungkin si nyamuk dendam karena aku sering membunuh nenek moyangnya sejak jaman dulu kala…
    Dewi Fatma recently posted..Tanda Baca = Tanda RasaMy Profile

    • monda says:

      nyamuknya nggak bisa balas dendam sampai ngejar ke Bintan Wi…., tenang aja…, yg dilibas dulu nyamuk Bukittinggi kan…?

  13. imam boll says:

    saya juga pernah terkena penyakit DB mbak monda di waktu semester 5 kuliah

    rasanya memang pusing terus tiap hari, tapi saya nggak mau rawat inap, meskipun masih kondisi pertengahan saya diperbolehkan dokter untuk rawat jalan dengan syarat nggak boleh sulit makan, itu saja

    terus untuk obatnya, saya diberi obat ramuan cina dari dokter berbentuk cairan, saya lupa merknya apa, rasanya seperti asam manis gitu, diminum 3x sehari

    alhamdulillah, setelah 2 hari saya tes darah, ternyata sudah sembuh
    imam boll recently posted..Bapak yang Bangga pada AnaknyaMy Profile

  14. dey says:

    Alhamdulillah, adik sudah sehat kembali ya ..

    Tahun 2003 saya pernah kena DB juga ditambah gejala typus, aduhhh.. demamnya, belum lagi pegal2 badan.

  15. nh18 says:

    Selalu berharap …
    Agar kak Monda sekeluarga selalu sehat-sehat saja …

    Semoga si Bungsu sudah pulih sehat seperti sedia kala

    Salam saya Kak
    nh18 recently posted..BALIK HARIMy Profile

  16. mintarsih28 says:

    setelah sembuh dari sakit tak diganggu nyamuk lagi bu monda.

  17. Nunu El Fasa says:

    makanya enggak pernah ngeliat kak monda.. jadi kangeen..
    cepet sembuh dedek :d jangan sakit lagi yaa :D
    Nunu El Fasa recently posted..Dari Internet Bisa Juga (Jadi Guru) Les Privat Matematika GratisMy Profile

  18. Applausr says:

    wah sebagai orang yang pernah kena DBD… rasanya membaca artikel ini sangat jelas dan detail… jadi tahu apa yang harus dilakukan..

    Ternyata benar benar tidak ada obatnya…. baru tahu saya ini….

  19. jarwadi says:

    dulu saya mengira db hanya bisa menyerang anak-anak. belakangan saya tahu db bisa menyerang siapa saja.

    semoga adek lekas sembuh ya mba
    jarwadi recently posted..Dapat Kiriman e-Toll Card Mandiri Pra BayarMy Profile

  20. kamal says:

    nah, itu mantep ibu dokter ngomong tentang penyakit… dan turut senang karena ananda bu dokter sudah sehat kembali.

    di bulan september ini, mungkin jg karena kemarau panjang, ternyata musim sakit juga. sebenarnya saya ga terlalu merasakan, cuma memang jadi sering meriang dan sekarang bibir pecah2. kirain hanya sariawan karena kurang vitamin c. tapi saya kan rutin minum vitamin dan makan buah dan sayur tapi masih juga kena sariawan. mungkin emang lagi musim sakit.

    karena itu, di hari jumat ini, saya menghimbau teman2 untuk lebih menjaga kesehatan :-)
    kamal recently posted..Setelah Keriuhan Mudik BerlaluMy Profile

  21. nique says:

    waduh :( Emang gak pandang bulu ya nyamuk satu ini Kak
    *ketok2 meja biar gak mampir sini nyamuknya*
    tapi untunglah udah tinggal pemulihan aja ya kak

    ih si kakak ada2 aja, emangnya nyamuk bisa menyimpan dendam gitu hihiihihi

    • Monda says:

      ha..ha.. emang mempan diamit2in ……
      semogalah jangan ada adek2 dan keponakan Bamboo River yang kena penyakit ini yah..

  22. dulu pas masih jaman sekolah. pernah aku kena DBD. tetap jaga kesehatan ajah :)
    Faizal Indra kusuma recently posted..Belajar Bahasa Inggris Itu HarusMy Profile

  23. ded says:

    Semoga selalu sehat ya Dek, ga mau sakit lagi kan ? Yang jelas makan teratur, jangan lupa minum susu biar kuat ya.

    Terima kasih Mb Mon, sudah mendapatkan pencerahan…:)
    ded recently posted..NONTON SIMON CABARETMy Profile

  24. Mamih says:

    alhamdulillah, adek sudah sembuh …

    mamih juga pernah sekeluarga malahan , semuanya di opname krn DBD ….
    jadi 4 hari di rumkit kayak di rumah aja,..heheheee….

    salam
    Mamih recently posted..Hiiii…………NgeriMy Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge